Strategi Pencegahan Narkoba di Lingkungan Keluarga dan Masyarakat

BLANGKEJEREN - Kepala BNNK Gayo Lues Fauzul Iman,ST, M.Si mengisi materi terkait, Narkoba dan Strategi pencegahan di lingkungan Keluarga dan Masyarakat. Pada Kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba di Kampung Rigeb, Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues, yang bertempat di Masjid Al-Iklas Kampung Rigeb Jumat, 29/10/2109.  dibuka langsung oleh Pengulu Kampung Rigeb diwakili oleh Jemadat Sekdes kampung Rigeb. Peserta terdiri dari Pemuda dan Masyarakat Kampung Rigeb Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues.

Pengulu Kampung Rigeb diwakili oleh  Sekretaris Desa Jemadat menyampaikan kepada para peserta yang hadir agar mengikuti kegiatan dengan serius dan dapat meng-informasikan yang tepat kepada tetangga/ masyarakat 

Dalam arahannya Kepala BNNK Gayo Lues Fauzul Iman, ST, M.Si, menyampaikan bahwa Peraturan mendagri No. 12 Tahun 2019 Pasal (2) Gubernur, Bupati / Walikota melakukan fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika di wilayah masing-masing yang dilakukan & dikoordinasikan oleh kepala SKPD yang membidangi urusan kesatuan bangsa dan politik.
Pasal 4 (1) - pencegahan, antisipasi, penaganan, partisipasi masyarakat, Rehabilitasi, pendanaan dan saksiPasal 4 (2) Sosialisasi Pasal 4 (3) Deteksi dini ( Tes urine, satuan tugas relawan anti narkoba) 

Untuk itu , salah satu pencegahan Narkoba Kepala Desa dapat mengunakan APBK Kampung untuk melaksanakan kegiatan Sosialisasi, Pembentukan Satgas Narkoba di Desa dan Menjadikan Desanya menjadi Desa Bersih Dari Narkoba ( BERSINAR ) 

Permasalahan Narkoba bukannya Permasalahan BNN,Pemda, Polisi, TNI . Melainkan  Permasalahan Narkoba adalah Permasalahn Kita Bersama untuk itu, diharafkan kepada Pemuda/Orang Tua bisa menjadi benteng untuk mencegah peredaran gelap narkoba di Kabupaten Gayo Lues ini khususnya di Desa Rigeb. Pungkas Fauzul 

"Saat ini BNN sudah mencanangkan Program GDAD  yang mendapat perhatian dari Bappenas, program GDAD ini bertujuan untuk mengalih Pungsikan Petani Ganja ke Petani Komoditi unggulan Masing- Masing tempat/lokasi yang mereka unggulkan. Sekarang ini untuk objek/tempat Binaan BNN yang berada di Gayo Lues berada di 2 ( dua ) lokasi yaitu; Kecamatan Blangkejeren ( Desa Agusen ) dengan mengganti tanaman Ganja ke tanaman kopi dan Kec. Pining ( Desa Pepelah ) menganti tanaman ganja ke tanaman Jagung. Fauzul Iman, Berharaf agar semua Kecamatan di Kab. Gayo Lues dapat dijadikan objek GDAD selanjutnya sesuai dengan komoditi unggulan masing-masing Daerah tersebut, seperti; Jahe Merah, coklat, Jernang dll. 

Pada kesempatan yang sama Fauzul juga menyampaikan apabila ada keluarga/kerabat yang sudah terkontaminasi dengan dampak bahaya Narkoba agar dapat dibawa Langsung ke Klinik Pratama BNNK Gayo Lues, untuk direhabilitasi supaya dapat dipulihkan kembali karena pemakai itu adalah Korban ,Tegas Fauzul
(Kamsah Galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru