Lestarikan Budaya Daerah, Dispendik Pijay Adakan Festival

author photoKherry Leib
2 Sep 2019 - 17:38 WIB

PIDIE JAYA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendik) mengadakan Festival Budaya dilapangan Bola kaki Meureudu Pidie Jaya,Senin 02 September 2019.

Penggelaran Festival Budaya dengan menampilkan berbagai macam kesenian tradisional dan kuliner khas Daerah dibuka Sekda ,turut dihadiri Kepala  (BPNB)  Aceh Irini Dewianti, SS, MSp.kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya Saiful, MPd beserta jajarannya.

Irini Dewianti,Ss,MSp Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh.mengatakan festival Budaya yang dilakukan hari ini sangat luar biasa selain menglestarikan Seni budaya lama juga kita dapat menggali kembali nilai - nilai budaya tradisional,beber Irini.

"Dulu yang terpikir cuma Pidie saja ternyata ada lagi Pidie Jaya yang begitu  hebab dan peduli akan Budaya Tradisional seperti permainan Gedel - Gedel   dulunya suatu permainan olah raga bisa diekpredisikan dalam bentuk kesenian bukan saja sebagai olah raga tapi bisa dijadikan suatu kesenian yang berbeda tentunya.

Menurut Kepala BPNB Aceh dengan adanya kegiatan Festival Seperti ini anak - anak bisa mengenal permainan dan budaya dulu yang hampir terlupakan karena pengaruh Geme Onle.

Atas kekaguman dengan tampilan para anak asuh  Dinas Pendidikan di bawah kepemimpinan Saiful MPd Irini Dewianti berjanji akan menampilkan mereka diajang Festival Seni budaya tingkat Nasional pada Oktober nanti,katanya.

Ditempat Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya,Saiful ,MPd pada Theatjeh.NET mengatakan
tujuan diadakan Festival tersebut untuk memperkenalkan    Seni budaya yang hampir punah pada anak - anak.

" Begitu banyak budaya dibumi Japakeh yang perlu di angkat dan kita lestarikan supaya generasi kita mengetahuinya.kata Kadisdik.

Marzuan,MPd Kasi  kesenian Dinas Pendidikan Pidie jaya melalui handpone pada media mengatakan Festival Seni Budaya yang diadakan oleh Disdik dalam rangka memperingati hari pendidikan Daerah (Hardikda) ke 60 dengan melibatkan 120 peserta dari tingkat PLTP dengan menampilkan berbagai macam permainan diantaranya,Egrang, Terompah panjang, Lari Balok, dan hadang selain permainan ada juga ditampilkan berbagai macam lukisan dan makanan tradisional khas Pidie Jaya.ujar Marzuan. (KH)
KOMENTAR