17 Kafilah Aceh Utara Menuju Final MTQ ke-34 Aceh

author photoBphat Umar
26 Sep 2019 - 16:19 WIB

PIDIE - Hasil perlombaan hingga Rabu malam, 25 September 2019, sebanyak 17 kafilah dari Kabupaten Aceh Utara berhasil mendulang 'tiket' menuju perlombaan akhir (final) pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-34 tingkat Provinsi Aceh.

Ke 17 peserta tersebut berhasil merebut tiket final pada 15 katagori perlombaan. Demikian diungkapkan oleh Ketua Rombongan Kafilah Kabupaten Aceh Utara Tgk Muhammad Idris, SE, didampingi Kabag Humas Setdakab Andree Prayuda, SSTP, MAP, Kamis, 26 September 2019.

Disebutkan, katagori mata lomba yang berhasil masuk final masing-masing syarhil Qur'an putra (Arief Rizkil U'la, Akbar Miswari, M Zikrillah), tafsir Qur'an bahasa Indonesia putra (Agus Rizal), tafsir Qur'an bahasa Indonesia putri (Riza Wahyuni), tafsir Qur'an bahasa Arab putri (Ghina Sakinah), tafsir Qur'an bahasa Inggris putra (Sarifuddin), tafsir Qur'an bahasa Inggris putri (Nanda Anni Safitri).

Selanjutnya pada cabang hifzil Qur'an 30 juz putri (Niswatul Birra), musabaqah makalah Qur'an putra (Juanda), khattil Qur'an golonga buku/naskah putra (Nukman), khattil Qur'an golongan buku/naskah putri (Mahyani), khattil Qur'an golongan dekorasi putra (Syeh Marzawi), khattil Qur'an golongan hiasan mushaf putri (Zunfikriah).

Selain itu, peserta dari Aceh Utara juga meraih tiket final pada cabang qiraat sab'ah mujawwad golongan dewasa putra (Muhammad Yanis), qiraat sab'ah mujawwad golongan dewasa putri (Ikramatul Fitri), serta pada cabang tilawah golongan remaja putri (Khairani). "Kita harapkan semua peserta yang masuk final dapat tampil lebih maksimal sehingga dapat meraih juara dan membanggakan daerah," kata Tgk Muhammad Idris yang juga Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara.

Kata dia, perlombaan final berlangsung pada Kamis hari ini mulai pukul 08.00 hingga malam hari di beberapa titik lokasi yang telah ditentukan oleh panitia. Untuk cabang tafsir bertempat di aula SMKN 2 Sigli, cabang hifzil di aula MUQ Pidie, MMQ di gedung DPRK, cabang khattil di GOR Alun-Alun Kota Sigli, sedangkan cabang qiraat dan tilawah berlangsung di arena utama.

"Kita mohon doanya dari seluruh masyarakat Aceh Utara, mudah-mudahan kafilah Aceh Utara bisa membawa pulang juara dan menaikkan peringkat dari MTQ sebelumnya," kata Andree.

Menurut Andree, pada Rabu kemarin Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf secara khusus mendatangi pemondokan kafilah Aceh Utara di Sigli Kabupaten Pidie. Selain untuk menjenguk kondisi para peserta, juga bermaksud untuk memberikan dorongan semangat dan motivasi bagi para peserta dengan harapan bisa tampil lebih maksimal.

Perhelatan MTQ ke-34 Aceh berlangsung sejak tanggal 20 hingga 28 September 2019 di Sigli Kabupaten Pidie. Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengirim 56 peserta untuk tampil pada even dua tahunan tersebut untuk mengikuti seluruh cabang perlombaan. 

"Pak Wabup sangat mengapresiasi perjuangan dan semangat para peserta, mudah-mudahan mereka semua yang masuk final bisa meraih hasil terbaik," kata Andree. []
KOMENTAR