Asisten II Pimpin Kegiatan Penyempurnaan Usulan Program Dan Kegiatan Skpk Tahun 2020

author photoKamsah
27 Jun 2019 - 13:37 WIB

BLANGKEJEREN - Asisten II Perkonomian dan Pembangunan Muhammad Noh, S.Pd. Pimpin Kegiatan Penyempurnaan Usulan Program dan Kegiatan SKPK Tahun 2020. Kegiatan ini bertempat di Aula Bapedda Gayo Lues, Rabu (26/06/2019).

Bapak Weri, selaku narasumber menyampaikan secara umum
"Untuk rencana kegiatan untuk tahun 2020 sudah masuk ke indikator SKPK masing-masing. Tindak lanjut kegiatan kita hari ini dari hasil verivikasi Bapedda Aceh dalam memfasilitasi mengenai penyempurnaan RKPK, dan mulai kemarin pihak Bapedda Gayo Lues sudah mulai bekerja. Dan nantinya kita akan sesuaikan apa yang ditetapkan di RPJM apakah sudah sesuai dengan apa yang di tetapkan dalam RPJM Aceh dan RPJM Nasional. Dan itu akan dinilai dari indikator yang ada di setiap SKPK masing-masing, namun itu juga harus di verifikasi sesuai kinerja yang ada agar lebih sempurna lagi. 

Sesuai visi kita bahwa RKPK kita harus menghasilkan reward dan untuk mendapatkan reward tersebut tentunya harus dengan kinerja yang lebih baik. Hal itu dapat dibuktikan dengan dokumen fisik dan kinerja yang bagus. Tahun 2020 saat adanya pemantauan Tim Penilai, Bapedda harus mampu menunjukkan kemampuannya dengan adanya laporan Kegiatan Musrenbang Kampung dan menghasilkan dokumen perencanaan yang terbaik. 

Kegiatan yang dinilai bukanlah kegiatan yang dilakukan namun kegiatan yang dinilai adalah kegiatan yang mendukung salah satu Visi dari Pemerintah Daerah. Dan dokumen yang telah dinilai tersebutlah yang akan di masukan dalam RPJM. Untuk mencapai tujuan tersebut mohon setiap SKPK mengaktifkan Kabid Programnya untuk selalu berkomunikasi dengan pihak Bapedda.  Kemudian mengenai pertumbuhan ekonomi pencapaiannya harus melibatkan seluruh SKPK dan ini juga harus menjadi perhatian bersama agar Indikator makro juga tercapai. 

Jangan nanti setiap SKPK bekerja masing-masing namun lupa akan indikator makro tersebut yang menjadi tanggung tanggung jawab bersama. Dan satu hal lagi mengenai inovasi juga harus dimunculkan di lima tahun kerja Pimpinan Daerah agar hal tersebut bisa menjadi Prestasi untuk pencapaian visi Daerah dan ini juga merupakan cita cita dari Pimpinan Daerah kita. Dengan adanya kegiatan ini, Kami harap semua indikator yang sudah direncanakan dapat tercapai dengan baik." Kata Weri.

Kepala Bapeda Gayo Lues
"Semua RPJM diharapkan harus terencana dengan baik. Kemudian sehubungan dengan hasil evaluasi di semester kedua. Semua aspirasi atau pokir di SKPK harus disesuaikan dengan indikator masing-masing. Dan tentunya setiap indikator dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Sehingg itu dapat dituangkan ke dalam RPJM. Dan mengenai inovasi dalam pengembangannya akan selalu kita dukung. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting. Dengan kegiatan ini kita dapat mengetahui beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memenuhi target dari indikator yang telah ada dalam RKPK dan disesuaikan dengan RPJM. Berkaitan dengan hal tersebut Pimpinan Daerah berharap adanya inovasi yang diciptakan yang dapat mendukung perubahan dalam lima tahun masa kerja Pimpinan Daerah Kabupaten Gayo Lues. 

"Harapan kami setiap SKPK dapat memahami dan meningkatkan kinerjanya sehingga tercapai apa yang kita harapkan bersama." Kata Hafit.

Dari hasil diskusi inovasi yang muncul hasilnya dan dapat dikembangkan di beberapa SKPK diantaranya. Dinas Perindustrian, Dinas Pendidikan, Dinas Perkim, Dinas Perairan dan beberapa Dinas lainnya yang mulai muncul.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut. Asisten II Perkonomian dan Pembangunan Muhammad Noh, S.Pd. Narasumber dari Bapedda Aceh Bapak Weri. Kepala Bappeda Gayo Lues Ibnu Hafit. Para Kepala SKPK terkait. Para Kepala Badan Kantor terkait. Para Kabag terkait. Para Kabid Program SKPK terkait (kamsah galus)
KOMENTAR