Dinas lingkugan Hidup Adakan Pemilihan Duta Lingkungan Gayo Lues tahun 2019

author photoKamsah
27 Jun 2019 - 19:42 WIB

BLANGKEJEREN - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gayolues menyelenggarakan pemilihan Duta lingkungan kabupaten Gayolues tahun 2019 .Kegitan tersebut di Buka Bupati Gayolues di wakili Asisten  III  Ir Bambang walyo di wisma pondok indah Porang Blangkejeren kamis 27/06/2019.

Acara tersebut mengusung tema, Melalui Generasi Muda Sebagai Pelopor Pelestarian Lingkungan Hidup di Negeri Seribu Bukit dan Seribu Hafidz.

Asisten III dalam sambutan menjelaskan, masalah lingkungan hidup merupakan masalah kita bersama, berbagai kasus kerusakan dan pencemar lingkungan hidup yang terjadi, telah membuktikan terjadi degradasi lingkungan, ini menunjukkan bahwa perlunya ada komitmen dan kesadaran semua pihak untuk menerapkan dan menjalankan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan, dan pemerintah kabupaten Gayo Lues memiliki komitmen untuk itu.

"Pendidikan lingkungan hidup merupakan salah satu upaya yang dikembangkan untuk mengoptimalkan peran masyarakat dalam mengatasi masalah lingkungan, dengan cara mengubah perilaku dan sikap berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran tentang nilai dan isu permasalahan lingkungan, yang pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan, untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. Pendidikan lingkungan hidup mempelajari permasalahan lingkungan, khususnya masalah pengelolaan pencemaran, kerusakan lingkungan serta sumber daya dan konservasi," ujarnya.

Ir. Bambang menegaskan, pemerintah kabupaten Gayo Lues sangat mendukung dan bangga, serta mengapresiasi kegiatan pemilihan duta lingkungan, dengan harapan dapat menjadi ajang pengembangan kreativitas, kepedulian, kecintaan dan wawasan generasi muda terhadap lingkungan. Berdasarkan seluruh rangkaian kegiatan pemilihan duta lingkungan, terbukti menjadi kegiatan positif, dalam upaya memberikan pendidikan lingkungan hidup khususnya dikalangan pelajar yang nantinya akan disosialisasikan dikalangan masyarakat.

"Harapan saya kepada peserta, ikutilah acara ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab, semoga pengalaman yang saudara peroleh dapat bermanfaat. Menyangkut tentang hasil pemilihan duta lingkungan kabupaten Gayo Lues 2019, siapa pun yang terpilih nantinya untuk mewakili kabupaten Gayo Lues ke jenjang berikutnya, agar dapat berupaya semaksimal mungkin untuk dapat mengharumkan nama daerah tercinta ini," jelasnya.

"Dan bagi yang belum beruntung, bersabar, dan tetap semangat, serta tetap peduli terhadap lingkungan hidup, karena kalian semua adalah duta lingkungan generasi muda, dan pelopor pelestarian lingkungan hidup di negeri seribu bukit dan seribu hafidz," tandasnya.

Sementara, kepala dinas Lingkungan Hidup, Irwansyah menerangkan, ada pun landasan hukum, kegiatan duta lingkungan hidup mengacu pada undang-undang republik Indonesia nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dan peringatan hari lingkungan hidup sedunia (HLHS) yang diadakan setiap tahunnya bertepatan pada tanggal 05 Mei.

"Kegiatan duta lingkungan hidup ini melibatkan 17 sekolah tingkat SMA sederajat se-kabupaten Gayo Lues. Pemerintah daerah melalui dinas lingkungan hidup menyediakan akomodasi, transportasi, dan uang saku bagi peserta calon duta lingkungan, peserta akan dikarantinakan selama tiga hari mulai dari tanggal 26 sampai dengan 28 Juni 2019 di wisma pondok indah kampung Porang," jelasnya.

Irwansyah menambahkan, dari semua peserta calon duta lingkungan yang mengikuti kegiatan ini, nantinya akan terpilih duta lingkungan kabupaten Gayo Lues 2019 dengan kategori terbaik I, II dan terbaik III yang akan mewakili kabupaten untuk mengikuti pemilihan duta lingkungan di tingkat provinsi Aceh yang akan selenggarakan pada tanggal 20 Juli 2019 (kamsag galus)
KOMENTAR