Kabupten Gayolues Peringati Hari Santri Nasional tahun 2023

BLANGKEJEREN -  Upacara Hari Santri Nasional 2023 berlangsung meriah dilapangan Pancasila Kabupaten Gayo Lues turut dihadiri oleh Porkofimda Kabupaten Gayo Lues, Para Asisten, Para SKPK, Para Camat, Kemenag, MAA, MPD, Para Pimpinan Ponpes, Para Santri Se-Kabupaten Gayo Lues Senin (23/10/2023).

Dalam amanatnya, Pj Bupati Gayo Lues Drs Alhudri MM,  menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri, merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tema peringatan Hari Santri tahun ini adalah "Jihad Santri, Jayakan Negeri". Tema ini dipilih untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan. Pj Bupati Alhudri menekankan pentingnya peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan yang menjadi motor penggerak kemajuan bangsa," jelasnya.

Setiap tahunya Kabupaten Gayo Lues selalu memperingati hari santri. "Kami ajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital.

"Tema Jihad Santri Jayakan Negeri" dapat dimaknai secara historis dan kontekstual. Secara historis, tema ini ingin mengingatkan bahwa para santri memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Secara kontekstual, "Jihad Santri Jayakan Negeri" menegaskan bahwa santri terus berkontribusi aktif dalam memajukan negeri, makna jihad secara kontekstual tidak selalu identik dengan berperang angkat senjata. Diakhir ucapan Pj Bupati meneriak kan tiga kali bersama undangan yang hadir dengan tangan dikepal "Berdaya Menjaga Martatab Kemanusiaan," jelasnya.
(Kamsah Galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru