Pembinaan Gammawar di Gampong Ulee Blang, Ketua TP-PKK Aceh Tekankan Pentingnya Posyandu

LHOKSUKON - Ketua TP-PKK Provinsi Aceh Ny Ayu Febiola Marzuki mengunjungi Gampong Ulee Blang Kecamatan Pirak Timur Kabupaten Aceh Utara dalam rangka pembinaan dan penilaian Gampong Mawadah Warahmah (Gammawar), Selasa, 36 September 2023.

Kunjungan Ayu Marzuki turut didampingi oleh sejumlah pejabat SKPA dan pengurus TP-PKK Provinsi Aceh. Juga hadir Penjabat Bupati Aceh Utara Dr Drs Mahyuzar, MSi, dan Ketua TP-PKK Aceh Utara Ny Awirdalina Mahyuzar, serta pejabat terkait lainnya.

Ketua TP-PKK Aceh Ayu Febiola Marzuki dalam sambutannya berharap program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) harus tetap berjalan. "PKK jalan, Posyandu jalan. Pasti ibu dan anak–anak akan sehat. Tidak boleh berhenti. Karena ada anggarannya dari pemerintah," kata Ayu Marzuki.

Menurut Ayu Marzuki, PKK gampong merupakan mitra pemerintah. Alokasi dana untuk kegiatan PKK disediakan khusus sesuai dengan peruntukannya. Termasuk untuk bidang kesehatan sebesar 10 persen dari total anggaran gampong. Anggaran itu dapat dipakai untuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) anak. "Jadi tidak boleh ngak aktif PKK," tegasnya.

Lebih lanjut, Ayu Marzuki juga sempat menyinggung keanehan jika pengurus PKK tidak dilibatkan pada Musrembang gampong.

"PKK selama ini kalau kita cek di mana-mana kok nggak ada dilibatkan dalam Musrembang," ungkap Ayu Marzuki, sembari menambahkan bagaimana Posyandu mau aktif bila tidak di support anggaran.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis PMPPKB Aceh Utara Fahkruradhi , SH, MH, Camat Pirak Timu Zikhrullah, SSos, dan Kabag Humas Muslem Araly, Keuchik Ulee Blang Zulkifli dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan kunjungan itu juga diisi dengan pengobatan gratis bagi masyarakat setempat. Karena, tim membawa dokter specialis kandungan, anak, THT dan dokter umum, dari Provinsi Aceh.

Pada kesempatan itu Ayu Marzuki sempat berdialog dengan masyarakat yang ingin berobat. Begitu pula dengan dokter yang sedang melayani masyarakat berobat.

Seusai pertemuan dengan ibu-ibu PKK Gampong Ulee Blang, Ketua PKK Aceh Ayu Marzuki ditemani tim PKK Aceh, menyerahkan bantuan kebutuhan PKK dan perlengkapan Posyandu. Juga ada bantuan 600 butir telur dari Dinas Peternakan Aceh dan bantuan 400 bibit pohon pinang dari Dinas Perkebunan Aceh.

Sebelum meninggalkan Gampong Ulee Blang, Ayu mendatangi rumah sehat untuk melihat langsung layanan kesehatan di sana.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru