Tim Pengabdi STIE Lhokseumawe Berdayakan Sampah Daun dan Bunga Basah melalui Pelatihan Ecoprint

ACEH UTARA - Dalam upaya meningkatkan perekonomi msyarakat khususnya di Aceh dosen dan mahasiswa STIE Lhokseumawe terus melakukan pemberdayaan kepada masyarakat, khusus anak-anak muda calon penerus bangsa, salah satu kegiatan yang dilakukan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 6 Agustus 2023 bertempat di Meunasah Gampong Baroh Blang Rimueng, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara yang diikuti oleh anak muda setempat.  

Pengabdian kali ini mengusung tema "Optimalisasi Pemberdayaan Sampah Daun dan Bunga Basah sebagai Penunjang Perekonomian Masyarakat melalui Ecoprint Media Totebag Teknik Pounding".

Dalam sambutannya  Irfan, S.E, M.Si. selaku ketua pelaksana menyampaikan "Selain menghasilkan ekonomi kreatif, ecoprint totebag  juga bisa menjadi pendukung fashion digunakan sehari-hari khususnya anak muda".

Nurul Fattah, salah satu anggota mengabdi dalam sosialisasi materi menyampaikan "Teknik Pounding adalah salah satu teknik pengecatan dengan menggunakan daun dan bunga dengan cara memukul bahan tesebut ke media kain. 

Prinsip pembuatannya adalah, melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain melalui proses tumbuk dan rebus. 

Pelatihan ecoprint totebag dipilih karena beberapa alasan, di antaranya karena tahapannya cukup sederhana dan mudah diikuti peserta. Kemudian, bahannya pun tidak sulit, lanjut Nurul Fattah.

Rahma, salah satu peserta mengaku senang bisa ikut serta dalam pelatihan ini.  Dia tidak menyangka untuk membuat totebag yang cantik dan unik  sangat mudah hanya  memanfaatkan bahan-bahan yang dapat diperoleh dilingkungan sekitar.  

Padahal harga jual di market place berkisar Rp.30.000 – Rp.100.000 tergantung tingkat kesulitan dan bahan yang digunakan, ujarnya. []
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru