HRD Bersama Mendes Abdul Halim, Ini Bukti Kebangkitan Ekonomi Masyarakat Desa di Bukit Cinta Santewan Indah

BIREUEN-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Dr. (H.C.) Drs. H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd, meletakkan batu pertama pembangunan Desa Wisata Bukit Cinta Santewan Indah di Desa Geulanggang Gampong, Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Jumat (4/8/2023) sore.
Sebelum peletakan batu pertama pembangunan desa wisata tersebut, terlebih dahulu dipeusijuk olehTgk H Muhammad Ishak atau Abon Cot Tarom.
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam sambutan mengungkapkan sebelumnya, H Ruslan M Daud (HRD) saat bertemu dengannya, dan menyampaikan gagasan desa wisata ini.

"Saya pasti mendukung program ini. Tapi posisi saya Menteri Desa. Ini bukan makanan Menteri Desa, tapi makanan banyak menteri yaitu Menteri Pariwisata, Menteri PUPR dan Menteri Perhubungan," katanya.

Tapi, pria yang akrab disapa Gus Halim itu yakin program ini akan terwujud karena dua hal. Pertama transparansi yang diciptakan kepala desa dan dukungan dari seluruh warga desa.
Apalagi namanya sangat indah, Bukit Cinta Santewan Indah. Disini dapat disebutkan bukti sejarah kebangkitan ekonomi Masyarakat Desa Geulanggang Gampong kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh.

"Saya tanya Pak Kades apa itu Santewan, itu bahasa lain embung untuk penampungan air untuk irigasi pertanian. Kalau diartikan bukit cinta air yang indah. Jadi jangan khawatir Pak Ruslan, bukan cinta yang disalahgunakan," katanya disambut aplaus warga.

Ditambahkannya, yang kedua, punya dua figur yang sangat bagus, pertama Pj Bupati yang punya pengalaman panjang di pemerintahan dan kehidupan, berangkat dari nol.
"Kedua kita punya HRD, yang punya kemauan tidak bisa berhenti. Bahkan dengan saya baru bertemu ngobrol panjang lebar, dua jam kemudian menelpon lagi dan memastikan agar saya membantu Kalau lobi orang itu tak mengenal lelah," jelasnya.

"Tolong dicatat nilainya bila nanti ada kerjasama dengan pihak ketiga. investasinya. Ini hasil kolaborasi dari hasil lobinya Pak Ruslan Daud sebagai wakil rakyat dari Bireuen di DPR RI dan kepala desa sebagai pengelola dana desa," sebut Gus Halim.

Dana yang diambil dari Dana Desa dan alat beratnya hasil lobinya Ruslan Daud sebagai Anggota DPR RI, Dia sangat mengapresiasi karena ini sangat luar biasa.

Desa wisata ini diinisiasi HRD yang mempunyai keiinginan untuk membantu masyarakat di desa ini dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

Dalam membangun desa wisata tujuannya harus pelestarian lingkungan. Membangun ekosistem.
"Jangan sampai ini airnya sudah bagus, nanti 10 tahun lagi kita sudah investasi besar- besaran, tapi hulunya kering karena penebangan hutan dan lain-lain," pesannya.

Pada kesempatan itu, Abdul Halim Iskandar berjanji mendukung dan membantu agar desa wisata tersebut berkembang dan maju.

"Saya dengan Pak Ruslan Daud akan berupaya semaksimal mungkin, akan membantu berkoordinasi dengan lintas Kementerian untuk percepatan pembangunan, harus ada progres bagus lagi. Insya Allah tahun 2024 sebelum mengakhiri jabatan sebagai Menteri Desa, saya akan berusaha datang ke sini untuk melihat Bukit Cinta Santewan Indah," janjinya.

Anggota DPR RI Komisi V DPR RI Fraksi PKB, H Ruslan M Daud SE MAP dihadapan Menteri Desa menceritakan bagaimana awal mula hingga akhirnya tercetus ide membangun desa wisata tersebut.
Sebelumnya, ungkap Ruslan, tempat ini dulunya dikenal sebagai lokasi "weu bui (kandang babi) yang ditumbuhi semak belukar dan rumpun bambu.

Lalu keuchik serta perangkat desa mengajaknya melihat kawasan tersebut.

Setelah melihat lokasi itu, kemudian dia bertemu dengan Menteri Desa dan memngutarakan program pengembangan desa wisata.

Pada pertengahan Juni lalu kawasan itu mulai dbersihkan dengan mendatangkan alat berat  (excavator) jenis amfibi (apung).

"Sampai saat ini, biaya yang sudah dikeluarkan hanya Rp 200 juta merupakan dana desa, namun hasilnya sangat menggembirakan," kata HRD.

Disebutkannya, nantinya dia akan melobi Kementerian Perhubungan untuk pemasangan penerangan lampu jalan juga meminta bantu Kementerian PUPR membangun saranan pendukung lainnya..

Sementara itu, Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan PhD dalam sambutannya mengatakan, sangat luar biasa Pak Menteri hadir ke lokasi dan melihat secara dekat objek wisata.
Tujuan utama dibangunnya desa wisata ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Gampong (PAG) meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Aulia Sofyan menyebutkan, pada malam hari, kawasan ini sangat indah dan juga bisa melihat Kota Bireuen dari sini.

Peletakan batu pertama pembangunan objek wisata tersebut dihadiri hampir seribuan warga yang memadati lokasi seluas 11 hektar tersebut.

Tampak hadir juga unsur Forkopimda, Sekda Bireuen, para kepala dinas, tokoh masyarakat, perangkat Desa Geulanggang Gampong dan unsur lainnya.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru