Ners Rody Ajak Pemuda Tanamkan Karakter Pancasila dan Moralitas di Era Globalisasi

author photoRedaksi
16 Agu 2022 - 21:17 WIB

BANDA ACEH - Ners Rody Motivator ( NRM ) Menghadiri Undangan Narasumber di RADIO THREE FM 94.5 Banda Aceh, Ngobrol-ngobrol santai di acara I Love Campus bersama host Ofanshasz dan Thamlicha.
selasa (16/8/2022), dalam Rangka Dirgahayu Republika Indonesia. 

Karakter dan Moralitas merupakan sikap atau sifat yang harus dimiliki generasi muda 
dengan karakter dan moralitas yang baik maka akan menciptakan bangsa dan Negara 
yang berkualitas baik dan Negara yang memiliki kemajuan dalam berbagai aspek..
Kesuksesan yang diraih oleh bangsa dan Negara tidak dapat di pisahkan dari partisipasi masyarakat terutama generasi muda.

Sehingga generasi muda harus membekali 
diri dengan karakter dan moralitas dan dapat menanamkan nilai nilai pancasila dalam 
kehidupan sehari hari, agar dapat menjaga kebudayaan yang dimiliki dalam globlalisasi 
berkembangan zaman.

Pancasila harus menjadi pandangan hidup generasi muda. Pandangan hidup mengandung konsep dasar kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa, terutama pikiran-pikiran terdalam dan gagasan sesuatu bangsa mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik, yang akan membawa hidup dan kehidupan bangsa pada 
tujuan bersama.

Peran pemuda sangat penting dalam membangun peradaban dan kemajuan suatu 
bangsa. Sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi akar bangsa ini di masa mendatang harus bisa mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional dengan memiliki modal dasar dalam masyarakat.

Beberapa peran yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam menanamkan 
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah mewariskan nilai-nilai ideal Pancasila kepada generasi di bawahnya, membekali diri dengan pendidikan yang berlandaskan Pancasila yang menekankan pada nilai-nilai untuk menumbuhkan warga negara yang baik dan patriotik, memperkuat jati diri, dan berperan untuk mengentaskan Indonesia dari kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan, ketertinggalan, dan berbagai hal lainnya.. Selain itu generasi juga dapat menjaga kearifan lokal yang ada, dengan mempelajari kebudayaan yang ada dan terus memperkenalan kebudayaan sebagai warisan yang harus dikembangkan dan dilestarikan, papar Ners Rody. 
KOMENTAR