Kadisdik : KOSN Ajang Mencetak Atlet yang Dapat Mengharumkan Nama Aceh

author photoRedaksi
14 Agu 2022 - 10:37 WIB

BANDA ACEH - Kepala Dinas Pendidikan Aceh mengatakan, Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) Tahun 2022 jenjang SMA merupakan ajang untuk pengembangan diri siswa/siswi SMA untuk menjadi atlet yang dapat mengharumkan nama Aceh.

“Oleh karenanya bidang pembinaan SMA dan PKLK menyelenggarakan KOSN adalah untuk mendukung pengembangan kompetensi siswa-siswi SMA dalam bidang olahraga di Aceh,” kata Alhudri.

Hal itu disampaikan Alhudri saat membuka kegiatan KOSN pada salah satu hotel di Banda Aceh, Sabtu (13/8/2022). Kegiatan yang akan berlangsung hingga 16 Agustus 2022 itu diikuti oleh peserta dari 23 kabupaten/kota di Aceh.

Dalam sambutannya Alhudri menuturkan, Dinas Pendidikan Aceh memiliki semangat untuk melaksanakan kegiatan yang mampu mendukung pengembangan olah pikir, olah rasa, olah hati, dan olah raga untuk menghasilkan generasi unggul yang cerdas secara akademik, memiliki nilai estetika tinggi, penuh dengan empati serta memiliki jiwa dan raga yang sehat.

Apalagi, katanya, Dinas Pendidikan Aceh melihat antusias pelajar Aceh di bidang olahraga sangat besar. Maka melestarikan kebiasaan berolahraga dan meningkatkan prestasi olahraga selaras dengan ungkapan mens sana in corpore sano yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

“Walaupun cabang olahraga yang diperlombakan secara tatap muka oleh Dinas Pendidikan tidak diikutsertakan pada tingkat nasional. Kami berharap semoga tidak menyurutkan semangat anak-anak ku untuk terus melatih dan mengukir prestasi,” katanya.

Alhudri menjelaskan, kompetisi ini merupakan batu loncatan untuk pengembangan diri dalam even-even nasional. Untuk itu, dia mengajak para peserta untuk menjadikan kegiatan ini sebagai ajang perkenalan dan silaturahmi dengan teman-teman dari kabupaten/kota lain.

“Mari kita berkompetisi secara sehat, kompetitif, sportif, jujur, dan toleransi antar sesama. Mari sama-sama kita evaluasi diri dan satuan pendidikan masing-masing untuk terus mendorong pengembangan kompetensi peserta didik sehingga mereka dapat berprestasi menjadi atlet yang mengharumkan nama Aceh,” kata Alhudri.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan SMA dan PKLK, Hamdani, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan KOSN tahun 2022 adalah untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan pengetahuan keolahragaan dan kesehatan jasmani peserta didik SMA, kemudian menumbuhkembangkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik SMA, serta menumbuhkan motivasi peserta didik SMA untuk menguasai dan meraih prestasi di bidang olahraga.

“Selain itu untuk menumbuhkembangkan jaringan sosial antar peserta didik,” katanya.

Untuk diketahui KOSN SMA tingkat Provinsi Aceh tahun 2022 menitikberatkan pada pengembangan diri peserta didik dalam bidang olahraga. Terdapat 4 cabang olahraga yang diperlombakan yaitu Atletik, Pencak Silat, Karate dan bulu tangkis.

Hadir dalam pembukaan para pejabat struktural dan Tenaga Ahli di lingkup Dinas Pendidikan Aceh, para juri, dan para guru pendamping dari 23 kabupaten/kota di Aceh.[]

KOMENTAR