Gampong Tanjong Bungong Aman Dari Cavid-19

author photoM. Sulaiman
28 Jun 2022 - 16:28 WIB

BIREUEN- Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Gampong Aman Covid-19, dimana setelah Tim Corona melakukan paparan dihadapan Masyarakat Desa Tanjong Bungong Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen.


Acara Sosialisasi dilakukan di Meunasah Gampong Setempat. Selasa 28 Juni 2022.


New Normal dilakukan disetiap Gampong-Gampong oleh Tim Covid-19 Kecamatan Gandapura, sebagaimana untuk dapat melakukan kebiasaan baru dalam ber adaptasi dengan Masyarakat umum,


Diharapkan kepada Peserta Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Gampong Aman Covid-19, di Desa Desa Tanjong Bungong.

Tesk Foto: Bersama Muspika Kecamatan Gandapura.

Adapun sebelumnya, Pemerintah telah menetapkan aturan kepada masyarakat untuk selalu memakai Masker, tidak melakukan kurumunan, mencuci tangan yang bersih, juga menjaga jarak satu sama lain. Dan New Normal ini dilakukan supaya masyarakat dapat melakukan beradaptasi seperti biasa sebagai bentuk kebiasaan baru dalam menormalkan dalam kehidupan bermasyarakat.


Para Peserta Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Gampong Aman Covid-19, di Gampong Tanjong Bungong begitu antusias mendengar paparan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan baru Gampong Aman Covid-19. Ini merupakan New Normal Covid-19


Sedangkan Tim Covid-19 yang menjadi Narasumber diantaranya, dari Camat Gandapura, Pukesmas Gandapura, Kapolsek Gandapura, Danramil Gandapura, Pedamping Desa Kecamatan Gandapura. Hadir pada acara sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Gampong Aman Covid-19, unsur Muspika, Masyarakat Desa Tanjong Bungong, dan tamu undangan lainnya.

tesk Foto:paparan Sambutan Keuchiek Gampong Tanjong Bungong.

Dalam Sambutan Keuchiek Gampong Tanjong Bungong, Ramzi, S.Pd menyebutkan, terutama sangat berterimakasih kepada Camat Kecamatan Gandapura serta Jajarannya, Kepada Kapolsek Gandapura dan Jajarannya, Danramil Gandapura derta Jajarannya, Kepala Pukesmas Gandapura dan Jajarannya, dan pedamping Desa Gandapura yang telah berkenang hadir pada acara ini,


Pihak Perangkat Desa Tanjong Bungong, jauh-jauh hari telah mempersiapkan untuk dapat dilakukan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Gampong Aman Covid-19, Alhamdulillah pada hari ini Allah SWT telah mengizinkan untuk dapat kita laksanakan acara ini, semoga setelah ini, untuk kesepan Masyarakat Gampong Tanjong Bungong dijauhkan dari segala musibah Corona, (Covid-19.


Dan Keuchiek Ramzi. Juga turut memberikan Apresiasi kepada Masyarakat, pemuda serta Perangkat Desa Tanjong Bungong yang telah bersedia dengan ikhlas untuk dapat menyukseskan Sosialisasi New Normal Covid-19 ini.


Sementara Camat Kecamatan Gandapura Azmi. S. Ag, dalam sambutannya menyebutkan, kegiatan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Gampong Aman Covid-19 ini harus dilakukan sebagaimana untuk dapat menindak lanjuti hasil yang di umumkan Pemerintah sebelumnya. Karena Pemerintah telah mengumumkan bagi masyarakat sudah dapat melepaskan Masker seketika dalam aktivitas, serta sudah dapat bertatap muka seperti biasanya.

Tesk Foto, Sambutan Camat Kecamatan Gandapura. Azmi, S.Ag

Namun New Normal ini, bukan berarti penyebaran Covid-19 di kalangan Masyarakat sudah tidak ada lagi, ini baru New Normal, bukan berarti sudah Normal dari Penyebaran Covid-19, maka Masyarakat harus memahami New Normal ini, Camat Juga mengingatkan Masyarakat untuk selalu mematihi Protokol Kesehatan, 


Sebelumnya, Pemerintah telah menetapkan peraturan Covid-19, maka Masyarakat diwajibkan untuk mematuhi Protokol Kesehatan, diatara lain Masyarakat di wajibkan untuk menghindari dari kerumunan, menjaga jarak satu sama lain, harus memakai Masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang bersih, tidak dibolehkan melakukan aktivitas yang menimbulkan keramaian. Ungkap Camat Gandapura Azmi. S. Ag.


Disamping itu Camat Azmi setelah menyampaikan sambutannya, disertakan dengan mengakhirinya dengan menandakan bahwa acara Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Gampong Aman Covid-19 dinyatakan secara resmi dimulai di Gampong Tanjong Bungong." tutup Camat Azmi.


Kepala Pukesmas Kecamatan Gandapura, Bukhari, SKM menyampaikan paparan dalam sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Gampong Aman Covid-19 di Desa Tanjong Bungong. Dimana masyarakat harus mampu mengambil suatu langkah yang baru misalnya, Langkah awal dari kebiasaan baru ini adalah menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti: Memakai Masker kalau harus,
 
Tesk Foto: Kepala Pukesmas Bukhari, SKM sedang menyampaikan materi Sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru Gampong Aman Covid-19.


Lalu, seketika mau keluar rumah. Memakai masker menjadi hal yang baru untuk sebagian orang-orang yang pakai masker, maka biasanya orang yang sakit, tapi sekarang semua orang di sarankan untuk memakai masker. Dan untuk dapat Menghindari Kerumunan dan menjaga jarak jika berada di tempat yang ramai" Jaga jarak minimal 2 Meter sampai 3 meter, dengan orang.


Namun Setelah melakukan berpergian, segera mandi dan ganti baju, Jangan menggantung baju dan memakainya lagi sebelum di cuci. Ucap Kepada Pukesmas Gandapura.


"Lanjutnya, Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir lebih sering dilakukan, Terutama setelah beraktivitas dan memegang benda kotor untuk menghilangkan virus dan bakteri yang menempel di tangan. Maka ini sangat dibutuhkan harus dapat Menjaga Kesehatan tubuh dengan utuh, Juga dengan Berolahraga, makan makanan yang bergizi dan tidur yang cukup.


Serta Masyarakat harus mampu menghindari dari penggunaan alat makan Bersama saat di luar rumah Usahakan bawa alat makan sendiri. Gunakan peralatan ibadah pribadi Jika akan beribadah di tempat ibadah umum. Serta menggunakan waktu di luar rumah Segera selesaikan urusan dan pulang setelah urusan selesai. 


Seketika kita dapat menghormati dan patuhi para tenaga kesehatan dan gugus tugas. Untuk Saling mengingatkan orang lain dalam penerapan protokol kesehatan dan menghargai jika diingatkan oleh orang-orang. Maka Jadikan kebiasaan-kebiasaan baru ini sebagai protokol kesehatan kita Protokol kesehatan ada bukan untuk mengekang' tapi untuk kesehatan kita Bersama. 


"Sejak awal bulan juni tahun 2020 pemerintah menetapkan tahapan atau fase New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru. Hal ini di lakukan sebagai langkah untuk memulihkan ekonomi Masyarakat Indonesia setelah pandemic Covid-19. 


Pandemi Covid-19 yang terjadi sekarang ini mebuat kita harus beradaptasi dengan beberapa kebiasaan baru dan melakukan aktivitas sehari-hari di tambah dengan protokol kesehatan. Maka disebutkan. New Normal- Kebiasaan Baru adalah: Keadaan normal yang baru dan belum pernah ada sebelumnya. 


Disertakan dengan untuk dapat mencegah terjadinya penularan virus corona yang masih ada di kalangan Masyarakat Gampong Tanjong Bungong, serta Masyarakat luas." papar Kepala Pukesmas Gandapura Bukhari.(MS)
KOMENTAR