Pemuda Aceh Ziarahi Makam Cut Nya' Dhien

author photoM. Sulaiman
3 Des 2021 - 11:54 WIB

SUMEDANG- Tumbuhkan rasa kecintaan dan mengenang jasa pahlawan dari Aceh, pemuda Aceh ini datang langsung ke Sumedang untuk menziarahi makam pahlawan perempuan dari Aceh yaitu Cut Nya' Dhien. Rabu, 1 Desember 2021.


Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang jasa Cut Nya' Dhien sebagai salah seorang pahlwan perempuan Nasional dari Aceh yang menggemparkan dunia.


Dalam kesempatan ini Pemuda Aceh beserta temannya dari Jawa Barat melakukan kegiatan do'a bersama di makam tersebut dan mendengarkan penjelasan atau cerita sejarah Cut Nya' Dhien dari penjaga dan perawat makam tersebut.


Asep (54 tahun) merupakan orang yang telah enam tahun merawat makam ini yang menggantikan bapak nya yaitu Dadan Rusnandar.


"Beliau menjaga makam ini lebih kurang selama enam tahun dan merawatnya dengan sangat baik, pak asep merawat makam ini dengan iklas hati dan penuh kecintaan dalam hatinya". Ungkap Ziaul.


Makam yang terletak di ujung komplek pemakaman umum ini menyimpan suasana yang adem dan sangat nyaman untuk di Ziarahi.


"Suasana sejuk dan tenang menyelimuti jiwa siapapun yang datang berziarah ke makam ini, mungkin inilah salah satu kelebihan makam dari sang pejuang atau pahlawan masa dulu". Tambahnya.


Selaku penjaga makam, Asep mengatakan bahwa ia sangat ikhlas menjaga dan merawat makam ini karna kecintaannya kepada pejuang di Indonesia.


"Ia. Saya melakukan ini dengan iklas, dan tidak pernah meminta bayaran atau uang apapun kepada setiap pengunjung atau penziarah di makam ini". Ungkap Asep.


Selain berziarah Ziaul juga mendapatkan cerita perjalanan hidup Cut Nya' Dhien selama di Sumedang hingga beliau wafat.


"Semoga kita semua pemuda atau generasi Aceh tidak pernah melupakan jasa-jasa pahlawan kita dan dengan mengenang jasa pahlawan kita pun bisa terus termotivasi untuk selalu berjuang dalam menggapai sesuatu yang diridhai oleh Allah untuk hidup kita". Tutup Ziaul.(Red)
KOMENTAR