Kebakaran Lahan di Pidie Mencapai 3 Hektar, Titik Api Terpantau dari Hot Spot

author photoRedaksi
2 Agu 2021 - 13:20 WIB

PIDIE - Kebakaran lahan terjadi kembali dan melanda kawasan Perbukitan di Desa Papeun, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie.

Dandim 0102/Pidie, Letkol Arh Tengku Sony Sonatha mengatakan bahwa kebakaran terjadi di kawasan Desa Papeun terjadi sekitar pukul 17.00 Wib, pada hari Minggu (01/08/2021) sore kemarin. Titik api diketahui terpantau dari Hot Spot Koordinat piket Koramil 01/Muara Tiga.

Dandim menerangkan, walaupun saat ini api sudah dapat dipadamkan, namun lahan kosong terbakar tersebut telah mencapai 3 hektar. Diduga kebakaran tersebut disebabkan karena pembakaran untuk membuka kebun oleh oknum warga.

"Pemadaman agak terhambat dikarenakan kondisi malam hari dan medan relatif sulit diperbukitan. Tetapi Titik api berhasil dipadamkan pada pukul 07.00 WIB yang dilakukan oleh personel TNI Babinsa dari Koramil, Babinkamtibmas dari Polsek dan dibantu oleh masyarakat setempat yang dipimpin oleh Danramil 01/Muara Tiga," terang Dandim.

Dandim mengatakan, bahwa kebakaran hutan sering terjadi akibat ulah manusia baik direncanakan maupun dengan hal-hal yang sepele, yakni mulai dari membuang sampah sembarangan, merokok, membuat api unggun, perambahan hutan, illegal logging, penebangan dan pembukaan lahan, pungkasnya.

Saat ini kasus kebakaran hutan tersebut sedang dalam proses penanganan oleh pihak Polsek dengan memanggil pemilik lahan guna untuk dimintai keterangan.
KOMENTAR