HUT Ke-76 RI, TNI Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Cot Khan Gunung Halimun Tiro

author photoRedaksi
15 Agu 2021 - 20:12 WIB

PIDIE – Memperingati HUT Ke-76 RI, para prajurit TNI Kodim 0102/Pidie mengibarkan Bendera Merah Putih ukuran raksasa di Puncak Cot Khan Gunung Halimun Tiro, Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie, Minggu (15/8/2021).

Walaupun ditengah situasi pandemi Covid-19 saat ini melanda seluruh Tanah Air Indonesia, namun jiwa nasionalisme semangat juang seluruh rakyat Indonesia dalam hitungan hari akan merayakan Hari Kemerdekaan atau Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) Ke-76 RI pada 17 Agustus 2021.

Dari atas ketinggian puncak Cot Khan Gunung Halimun Tiro ,Kecamatan Tiro- Kabupaten Pidie berkabut dan berhawa dingin, di masa lalu memiliki sejarah kelam Aceh, TNI dan seluruh masyarakat  bersama, bersatu membangun untuk kemajuan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bingkai NKRI.

Selain itu, untuk mencapai ke puncak gunung Halimun sangat tidaklah mudah, tentunya menempuh waktu berjam-jam lamanya. Selain bukit yang tinggi, perbukitan itu juga sangat terjal. Bila musim penghujan tiba, sepanjang lintasan bukit sangat licin.

Namun demi memperingati HUT Ke-76 RI, semangat para prajurit TNI Kodim 0102/Pidie mengibarkan Bendera Merah Putih raksasa, tak menyerah. Kegiatan ini dimulai  di pagi hari serta melewati perbukitan terjal dalam waktu  yang panjang. 
Dandim 0102/Pidie Letkol Arh Tengku Sony Sonatha mengatakan, pada peringatan HUT Ke-76 RI 2021, sengaja pengibaran bendera merah putih dilakukan di puncak Cot Khan Gunung Halimun Tiro. Hal itu membuktikan, walau saat ini negara Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid -19, namun semangat juang patriotisme prajurit harus tetap tumbuh.

"Kemerdekaan dan kebebasan yang kita rasakan ini adalah warisan dan amanah dari para pahlawan bangsa pendahulu yang telah berjuang berkorban jiwa dan raga dengan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Kemerdekaan itu tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan termasuk pahlawan dari Aceh yang terkenal sangat berani seperti Tengku Umar, Teuku Cik Ditiro, Cut Nyak Dhien dan Cut Nyak Meutia serta pahlawan Aceh lainnya demi mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Dengan demikian, pada peringatan HUT Ke-76 RI, sudah sepatutnya kita seluruh rakyat Indonesia para generasi penerus bangsa meneruskan perjuangan para pahlawan, yaitu dengan mengibarkan bendera pusaka merah putih, menunjukan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang merdeka, pungkas Dandim.
KOMENTAR