Bina Kesenian Tradisional, Disdik Pijay Libatkan Seniman Lokal

author photoKherry Leib
29 Sep 2020 - 06:22 WIB

PIDIE JAYA - Upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan dalam rangka mengembang bakat dan memperkenal kesenian Daerah pada anak - anak usia dini sangat positif selain mengajari juga menumbuh kembangkan bakat pada mereka juga memperkenalkan Budaya leluhurnya Tempoe Duelue.

Kepala Dinas pendidikan Pidie Jaya Saiful Mpd melalui Kabid Pembinaan dan kebudayaan, marzuwan.MPd lewat Salulernya pada media mengatakan Progam gerakan Seniman Mengajar disekolah (GSMS) merupakan suatu kegiatan ektrakurikuler di bidang seni dan kebudayaan.

"Gerakan Seniman Mengajar disekolah (GSMS)suatu progam ektrakurikuler untuk memperkenalkan budaya serta dilakukukan pembinaan terhadap kesenian tradisional daerah seperti seni tari, sastra, music, teater, dan lain - lain yang dipadu langsung oleh seniman - senimal lokal." ungkap Marzuwan.

Menurut Kabid, kegiatan GSMS tidak dilkukan pada semua sekolah hanya sekolah - sekolah tertentu saja seperti dilihat dari banyaknya siswa, dan memiliki alat musik sendiri,sesuai ketentuan tim perumus progam GSMS tersebut.

Kegiatan ektrakurikuler dengan progam Seniman Mengajar disekolah mendapat sambutan positif dari pihak sekolah seperti yang disampaikan oleh Kepala sekolah SD Babah Juroeng, Meurah Dua.

"Progam ini sangat baik selain memperkenalkan budaya tradisional juga untuk mengembangkan bakat dan hobby para murid itu sendiri, dan melatih mental mereka untuk berani tampil dimuka umum," kata Sumarni. (KH)
KOMENTAR