Satgas Covid-19 Langsa Terus Monitor Pekerja Terpapar

author photoM. Sulaiman
22 Agu 2020 - 21:42 WIB

LANGSA- Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa membenarkan adanya beberapa pekerja dari salah satu Perusahaan di Aceh Timur yang menjalani karantina di salah satu Hotel di Kota Langsa beberapa waktu lalu. 

Karantina tersebut dilakukan bagi setiap pekerjanya yang akan bertugas untuk dilakukan uji Swab terlebih dahulu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tempat yang telah disediakan perusahaan sesuai domisili masing-masing.

Dari hasil tes Swab pihak perusahaan 3 diantaranya terkena positif Covid-19. Ketiganya itu merupakan warga domisili Kota Langsa.

"Saat ini mereka telah di pulangkan untuk dilakukan isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan Dinkes, PKM setempat, dan tim medis Perusahaan," kata Yanis Prianto, Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa dihubungi media ini, Sabtu (22/08/2020).

Menurutnya, apa yang dilakukan perusahaan itu telah sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah Pusat  maupun Daerah.

"Sebelum melakukan karantina, pihak perusahaan telah berkoordinasi dengan kami. Saat ini tidak ada lagi karyawan yang di karantina di Hotel, semuanya telah di isolasi mandiri di rumahnya masing-masing" terang Yanis Prianto.

Gugus Tugas Kota Langsa menghimbau kepada Warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan pemerintah, mulai dari mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Timur, dr Edi Gunawan membantah terkait isu yang beredar adanya penolakan isolasi karyawan tersebut di Aceh Timur.

"Adanya penolakan dari masyarakat itu tidak benar" ungkapnya.

Menurutnya, Perusahaan itu meng karantinakan setiap pekerjanya yang akan bertugas di tempat yang telah disediakan perusahaan sesuai domisili masing-masing untuk dilakukan tes Swab.

"Kami salut dengan alat tes Swab yang di miliki perusahaan itu sangat bagus. Untuk saat ini Aceh Timur juga telah memiliki alat tes Swab cepat"ungkapnya.

Lebih lanjut kata dr. Edi, Hingga Sabtu (22/8/2020) hari ini, jumlah warga Aceh Timur, yang terkonfirmasi positif Covid-19 secara kumulatif sebanyak 36 orang.

Dari 36 orang tersebut, sebanyak 6 orang dinyatakan sembuh yaitu tiga melalui hasil swab yang negatif. Sedangkan tiga lagi selesai melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dengan hasil tetap tanpa gejala.(Rel)
KOMENTAR