GenPI Aceh Gelar Aksi Sapta Pesona di Lhok Mata Ie

ACEH BESAR - Memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke-75, belasan anggota Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Aceh menggelar Aksi Sapta Pesona di objek wisata Lhok Mata Ie, Peukan Bada, Aceh Besar, Minggu, 16 Agustus 2020.

Ketua Panitia Aksi Sapta Pesona Muhammad Nasar kegiatan itu dilaksanakan dengan harapan bisa menumbuhkan rasa cinta lingkungan, terjalinya silaturrahim antar anggota GenPI Aceh dan juga pegiat wisata, serta sebagai media promosi untuk tetap menjaga tempat-tempat wisata agar selalu indah dan bagi pengunjung.

Nasar menjelaskan momentum kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 digunakan untuk mengajak pegiat wisata yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 18 orang yang diantaranya berasal dari pegiat wisata, Duta Wisata Banda Aceh, Duta Wisata Aceh Besar, serta anggota GenPI Aceh.

"Kegiatan membersihkan dan mengumpulkan sampah plastik itu berlangsung di lokasi jalan menuju objek wisata Lhok Mata Ie dan di seputaran pantai Lhok Mata Ie. Alhamdulillah, kita berhasil mengumpulkan sampah 10 kantong besar." Sebut Nasar.

Perlunya sadar wisata bersih dilakukan untuk tetap membuat wisatawan merasa nyaman dan ingin datang kembali untuk mengunjugi lagi ke tempat-tempat wisata yang ada.

Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai edukasi dalam menjaga objek wisata bagi anggota GenPI Aceh sendiri, agar mereka menjadi garda depan dalam mengkampanyekan aksi sadar wisata bersih di objek wisata lainnya di Aceh.

Terkait hal tersebut, Ketua Umum GenPI Aceh, Reyhan Gufriansyah mengatakan bahwa perlunya perhatian masyarakat, termasuk wisatawan, pemerintah setempat dan pelaku usaha terhadap sadar wisata membuat hal ini sangat penting, contohnya masih banyak pengunjung yang kurang memperhatikan kebersihan lokasi pariwisata dengan meninggalkan jejak seperti sampah plastik, kata Reyhan.


Reyhan menyebutkan, sadar wisata merupakan hal yang saat ini gencar dikampanyekan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar siap berperan sebagai tuan rumah yang baik dan memahami, mampu serta bersedia untuk mewujudkan unsur-unsur : Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan, atau yang dikenal dengan Sapta Pesona." Ungkapnya.

Nasar juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi peserta serta dukungan Disbudpar Aceh, unsur Muspika Kecamatan Peukan Bada (Koramil, Polsek, Camat) 8 dan perangkat gampong setempat, sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar []
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru