Polisi Lumpuhkan OTK saat Sispam Mako Polres Lhokseumawe

author photoRedaksi
8 Jul 2020 - 21:08 WIB

LHOKSEUMAWE – Dua orang tak dikenal (OTK) berhasil dilumpuhkan usai melemparkan bom dan melepaskan tembakan ke arah petugas jaga di mako Polres Lhokseumawe. Aksi ini ternyata merupakan bagian dari skenario simulasi Sistem Pengamanan Markas Komando (sispam Mako) yang berlangsung di halaman mapolres setempat, Rabu (9/7/2020).

Selanjutnya, dalam simulasi itu petugas jaga langsung melakukan tindakan tegas dan terukur hingga salah seorang OTK tersebut meninggal dunia dan satu orang mengalami luka tembak di kaki.

Kegiatan simulasi Sispam Mako tersebut melibatkan seluruh personel Polres Lhokseumawe dari semua satuan fungsi, tampak hadir dalam agenda ini Wakapolres Lhokseumawe Kompol Ahzan, S.Ik, SH, MSM dan pejabat utama Polres Lhokseumawe.

Simulasi pengamanan terbagi dalam lima skenario yang diawali dengan skenario adanya tahanan kasus terorisme yang melakukan provokasi terhadap tahanan lainnya yang berujung pada keributan dan pembakaran ruang tahanan.

Kemudian, pada adegan selanjutnya juga tampak tim Identifikasi melakukan pengamanan lokasi dengan memasang Police line dan dilanjutkan dengan datangnya tim jibom untuk melakukan sterilisasi dan penjinakan benda yang diduga bom, korban dievakuasi dan benda diduga bom diledakkan oleh tim jibom di lokasi.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S.IK, MH melalui Kabag Ops Polres Lhokseumawe Kompol Adi Sofyan, SH, MM mengatakan, simulasi ini guna melatih personil agar sigap menghadapi situasi dan ancaman terhadap serangan dari luar yang dapat membahayakan personil.

"Sistem pengamanan mako dalam simulasi ini tentunya telah melalui tahapan sesuai dengan SOP dalam penanganan, teknik dan tindakan petugas di lapangan untuk menghindari adanya korban dari personil," pungkasnya. (RM)
KOMENTAR