Gampong Geulanggang Rayeuk Lakukan Upaya Cegah Pendemi Covid-19, Di Bekali Padat Karya Tunai Desa

author photoM. Sulaiman
19 Apr 2020 - 16:32 WIB

BIREUEN- Pemerintah Gampong Geulanggang Rayeuk Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen, terus melakukan berbagai kegiatan program padat karya tunai desa, juga berupaya menjaga kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah kebijakan tanggap darurat pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19).

Adapun, selain menyiapkan jaring pengaman sosial, pemerintah Gampong Geulanggang Rayeuk Kecamatan Kutablang, melaksanakan program padat karya tunai desa. Program ini ditujukan untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya masyarakat miskin di Gampong itu.

Hal itu dikatakan Keuchik Gampong Geulanggang Rayeuk Kecamatan Kutablang,
Safwan Adam Kepada Media TheAtjehNet Minggu (19/4'2020) mengatakan, kegiatan dilakukan pada hari ini diantaranya, Penyomprotan Disinfektan, pembagian masker 400 buah kepada Masyarakat Gampong.

Sebelum kegiatan dilakukan terlebih dulu melakukan rapat terbatas untuk meminta kepada seluruh perangkat serta lembaga tuha peut dan tuha lapan, agar pelaksanaan program padat karya tunai Gampong Geulanggang Rayeuk harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan Presiden  dan surat edaran Mendes RI, untuk dipercepat dan lebih diperbanyak sehingga dapat membuka lapangan kerja dan menjaga daya beli masyarakat desa minta Keuchik Safwan Adam, supaya program tersebut bisa mendukung jalannya program padat karya tunai Desa.

Kegitan Program Padat karya tunai desa, lanjut Safwan Adam, supaya dapat diterapkan secara masif menggunakan skema dana desa. Menurutnya pemanfaatan dana desa dalam situasi saat ini dapat dimanfaatkan untuk dua hal, yaitu sebagai bantuan sosial bagi warga terdampak Pendemi Covid-19, serta sebagai program padat karya tunai di desa Geulanggang Rayek katanya.

Pada kegiatan tersebut, juga turut dihimbau masyarakat Geulanggang Rayeuk, cara pencegahan Covid-19, harus sering cuci tangan pakai sabun, selalu gunakan masker, bila batuk atau pilek, hati-hati dan hindari kontak dengan hewan, sering konsumsi makanan bergizi yang seimbang, perbanyak makan sayur dan buah buahan, rajin ber olahraga, Istirahat yang cukup, jangan menkonsumsi daging yang tidak dimasak, bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan terdekat, 

Sebagaimana diketahui tanda tanda Gejala Pendemi Covid-19 diantaranya, Demam, Batuk, Pilek, Gangguang Pernafasan, Sakit Tenggorokan, Letih, Lesu. Safwan Adam juga menegaskan kegiatan ini merupakan kegiatan Padat Karya Tunai," Terang Keuchik Gampong Geulanggang Rayeuk Safwan Adam.

Dikatakan kepala Puksemas Kecamatan Kutablang, Mursal, SKM. Kita terus mensosialisasikan, sekaligus melakukan Pengawasan upaya Pencegahan Penyeberan Covid-19 di Wilayah Kecamatan Kutablang,"Mursal terus mengingatkan masyarakat supaya selalu mewaspadakan dampak Penyebatan Wabah Virus Corona (Covid-19), hindari dari tempat kerumunan  banyak orang, jika keluar rumah selalu memakai masker ingatnya. 

,"Disamping itu dikatakan Camat Kecamatan Kutablang Muksen S, Ag, yang dampingi ibuk Ketua PKK Kecamatan. Nur Aina Amd Kep, sangat mengapresiasi Keuchik dan Perangkat Gampong Geulanggang Rayeuk yang telah melaksanakan kegiatan ini, sebagaimana yang kita ketahui bersama program padat karya tunai desa sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19," lanjut Camat Muksen atau yang sering disapa Camat Muksen Dancin, sangat berharap kepada seluruh keuchik di Kecamatan kutablang terus berupaya meningkatkan program padat karya tunai di desa masing-masing, upaya pencegahan penyebaran tanggap darurat pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19). Sesuai dengan peraturan Presiden dan mendes RI.

Program tersebut harus benar-benar diterapkan secara masif yang menggunakan dana desa. Menurutnya pemanfaatan dana desa dalam situasi saat ini, supaya dimanfaatkan Masyarakat dampak Pendemi Covid-19, juga sebagai bantuan sosial bagi warga Desa, serta program padat karya tunai desa tepat sasaran," Harap Camat Dancin.

Pantoan Media TheAtjehNet di lokasi kegiatan dampak hadir. Camat Kecamatan Kutablang. Musksen S. Ag, Kapol Sub Sektor Kutablang, Aiptu Jusman, didampingi Briptu Danil Masriyal, Danpos Koramil Kutablang. Pelda Zulfuedi, didampingi Babinsa Kudri, kepala Puksemas Kutablang, Mursal, SKM. Serta Putugas Medis Dan Satgas Covid-19 dari TPP-P3MD.(MS)
KOMENTAR