Efek Pandemi Global Covid-19 Ujian Nasional Tahun Ajaran 2019/2020 Ditidakan

author photoKamsah
7 Apr 2020 - 20:16 WIB

BLANGKEJEREN - Ujian Nasional tahun 2019/2020 resmi di tiadakan dan tidak di jadikan syarat kelulusan sekolah/seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues, Anwar , S.Pd, M.AP. kepada media di ruang kerjanya Selasa,07-04/2020

Keputusan berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan dalam masa darurat Convid-19," 

Di katakn, dengan dibatalkannya Ujian Nasional tahun ajaran 2019/2020 maka proses penyertaan bagi kelulusan paket A, B dan C akan ditentukan kemudian. Sementara untuk kelulusan ujian sekolah (US) dalam bentuk fortofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, dan ujian sekolah tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh. 

"Sekolah yang belum melaksanakan ujian dapat mengunakan nilai lima semester terakhir untuk menentukan kelulusan siswa," ungkapnya.

Selain itu, Anwar menerangkan, untuk masalah ujian akhir semester kenaikan kelas dalam bentuk tes yang mengumpulkan juga tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya surat pemberitahuan. 

"Untuk kelulusan kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk fortofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring atau bentuk arasemen lainnya, ujian akhir semester ini dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan ini juga tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh," terangnya.

Sementara untuk penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) juga dilaksanakan harus mengikuti ketentuan yang berlaku, pertama sekolah harus menyiapkan mekanisme penerimaan peserta didik baru yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua di sekolah.

"Kedua, PPDB yang mengikuti jalur prestasi dilaksanakan berdasarkan, akumulasi nilai rapor dan prestasi akademik dan non-akademik diluar rapor sekolah," tandasnya. (Kamsah Galus)
KOMENTAR