Memiliki Segudang Prestasi, Se Sosok Fachrurazi Bertekad Memajukan Prodi PGSD Umuslim

author photoM. Sulaiman
15 Mar 2020 - 21:58 WIB

BIREUEN- Fachrurazi, M.Pd merupakan putra kelahiran Leubu Kuta Barat, Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen, 03 Januari 1987 silam. Dosen muda berpostur ideal ini memiliki segudang prestasi yang sangat membanggakan. Hal ini dibuktikannya dengan capaian tertinggi dari semua prestasi yang diraihnya yaitu perdana menjabat sebagai kepala Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Almuslim berhasil membawa prodi tersebut meraih akreditasi A berdasarkan keputusan  BAN-PT No. 3889/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2019

Kepada Media Ini minggu 15 Maret 2020, mengatakan,"Alhamdulillah saya ingin menjalankan amanah ini dengan baik dan berkat dukungan semua pihak dan pimpinan, dosen, dan tim yang luar biasa Prodi PGSD sudah diberikan kepercayaan oleh Kemenristekdikti (sekarang kemendikbud) meraih akreditasi A. Dan  menjadi satu-satunya prodi PGSD yang mendapatkan akreditasi A di Aceh", ungkap Fachrurazi dengan bersyukur.

Tidak banyak diketahui publik, alumni S2 UPI Bandung ini memiliki kontribusi besar dalam dunia pendidikan. Keaktifan dan inovasi dari semua gagasan yang dieksekusinya telah banyak membuahkan hasil serta mendapatkan kepercayaan dari banyak pihak. Mulai dari tingkat proses pembelajaran hingga berbagai jabatan yang diembannya dengan sukses. Salah satunya, ia dipercayakan menjadi Asesor BAN PAUD dan PNF Provinsi Aceh Tahun 2019 - 2024

Selain itu, sejak aktif sebagai dosen pada tahun 2011 hingga sekarang berbagai prestasi membanggakan telah diraihnya. Baik di tingkat daerah maupun Nasional. Beberapa prestasi yang spektakuler diantaranya, 1.Dipercayakan oleh Dirjen Belmawa menjadi Reviewer Nasional PKM 5 bidang dan karya tulis tahun 2018, 2. Pelaksana terbaik ketiga program nasional dari Kemendikbud melalui kegiatan pemberdayaan kelompok pemuda desa Kuta Barat berbasis ekonomi kreatif alat peraga dari barang  bekas. Luaran kegiatan ini sudah diterapkan di PAUD Latahzan dan SD Negeri 1 Kuta Barat.

3. Menjadi dosen pembimbing terbaik yang berhasil meloloskan kegiatan mahasiswa tingkat nasional seperti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 28 tahun 2015 di Universitas Halua Oleo Kendari dan PIMNAS ke 31 tahun 2019 di Universitas Negeri Yogyakarta, 4. Mendapatkan hibah penelitian dosen pemula dari Kemenristekdikti Jakarta berupa pengembangan materi bilangan di Sekolah Dasar.

5. Menghasilkan buku ajar matematika dari penelitian hibah bersaing Kemenristekdikti Jakarta mengenai pengembangan materi matematika untuk calon guru SD berbasis Open Ended. Buku ajar ini sudah diterapkan dalam perkuliahan di prodi PGSD.

Saat ini, karya yang sedang dikembangkan oleh dosen berprestasi ini juga berupa mengembangkan dan  memproduksi alat peraga untuk PAUD dan SD dari barang bekas. Dengan harapan tahun ajaran baru ini alat peraga tersebut dapat diimplementasikan ke PAUD dan SD seluruh Aceh.

"Cita-cita terbesar saya adalah ingin memajukan dunia pendidikan dengan gagasan dan karya yang inovatif. Dan itu akan saya wujudkan bermula dari SDM yang unggul yaitu di Prodi PGSD yang sedang saya jalankan tanggungjawab disini", harap Fachrurazi

Semoga amanah yang diberikan kepada saya saat ini mampu saya jalankan dengan baik. Dan saya juga sangat berharap bantuan serta kerjasama dari semua pihak terutama para dosen dan staff dilingkup Universitas Almuslim agar selalu menjaga kualitas dan mempertahankan kepercayaan yang telah duberikan oleh Kemenristekdikti ini berupa akreditasi A sebagai pencapaian terbaik memperbaiki kualitas program studi, tutupnya dengan penuh harapan.(MS)
KOMENTAR