SPMA Aceh Utara Minta Akses ke Buket Hagu Diperbaiki

author photoRedaksi
11 Feb 2020 - 21:56 WIB

LHOKSUKON - Koordinator sementara Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA) wilayah Aceh Utara; Razjis Fadli meminta pemerintah untuk segera memperbaiki akses jalan ke Buket Hagu, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

Menurutnya jalan menuju kesana sangat memprihatinkan, kondisinya jika terjadi hujan kendaraan tidak bisa melintas, jika musim kemarau tiba maka batu batu besar akan timbul dan jalan berdebu.

"Pemerintah harus buka mata, ada kurang lebih 2000 jiwa yang tinggal disana, mereka sangat menderita kalau jalan seperti itu" kata Razjis, Selasa (11/2/2020).

Ia juga mengatakan banyak guru yang tinggal di luar Buket Hagu mengeluhkan perihal jalan tersebut.

" Saya tinggal dekat daerah itu, biasanya kalau hujan, pagi pagi ada guru yang menghubungi saya, ia tanya, apa ada hujan lebat di Buket Hagu ?" Tutur Razjis

Tujuannya kalau ada hujan lebat ia tidak melewati jalan yang rusak tersebut, guru guru yang mengajar disana harus menempuh jalan dari Cot Girek, yang jarak tempuhnya dua kali lipat lebih jauh.

"Sebagai informasi, disana ada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Bayangkan penderitaan guru yang mengajar disana" katanya Miris

Selain susah akses guru kesana, masyarakat juga mengeluh perihal jalan tersebut mengingat komoditas ekonomi sulit untuk dibawa keluar.

"Saya pernah kesana, masyarakat disana sudah hampir putus asa, katanya mereka tidak harus berharap kepada siapa dan tidak tau apa yang harus mereka lakukan, masyarakat disana juga menyinggung para politikus, katanya tempat mereka cuma dijadikan 'lahan basah' saat pemilu" Kata Razjis meniru.

Razjis Fadli berharap pemerintah segera turun tangan dan menangani jalan tersebut. []
KOMENTAR