Pemkab Aceh Utara Cek Kesehatan pada Santri

author photoRedaksi
10 Feb 2020 - 08:10 WIB

LHOKSUKON - Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf atau lebih akrab disapa Sidom Peng, mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Utara akan melakukan pengecekan kesehatan terhadap para santri pondok pesantren yang ada di Aceh Utara ketika masuk dan keluar pesantren.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Aceh Utara pada saat menghadiri acara peringatan maulid Anak Berzikir Aceh Utara Nabi Besar Muhammad SAW 1441 Hijriyah, Minggu (09/02/2020).

Ia pun berharap, agar ke depannya anak-anak, mau menempuh pendidikan di pesantren.

Menurut dia, pengecekan kesehatan itu dilakukan oleh dinas kesehatan Aceh Utara. Baik terhadap anak yang mau masuk maupun yang pulang dari pesantren.

"Jadi nanti kita akan berkolaborasi dengan tiga instansi baik itu dinas kesehatan, sosial dan dinas Dayah dan disitu juga akan ada LBH, Tim perlindungan anak dari provinsi," jelas Wakil Bupati.


Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi di pesantren. Dengan melibatkan dinas kesehatan, sosial dan ekonomi dari dinas dayah. Sosialisasi itu dilakukan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan pada anak anak di pesantren.

Menurutnya mengecek kesehatan kepada para santri merupakan satu tugas pemerintah untuk berkontribusi kesehatan untuk anak- anak pesantren

"Menurutnya, anak- anak pesantren rentan akan kesehatan dan ini adalah program pemerintah walaupun belum kita lakukan sosialisasi," imbuhnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara dari awal sudah memprioritaskan pendidikan Dayah.

"Di mana kita lihat dari Dayah yang ada di Aceh dan Aceh Utara sendiri yang paling banyak terdapat Dayah yang bertipe A, B dan A+ itu hampir 196 Dayah dan akan terus ditingkatkan," cetus Sidom Peng. (Sy)
KOMENTAR