Plt Gubernur Aceh Optimis 20 Ribu Rumah Tangga Miliki Listrik pada 2022

BANDA ACEH - Pemerintah Aceh, menargetkan penyaluran listrik terhadap dua puluh ribu rumah tangga, yang sampai saat ini kondisinya sama sekali belum memiliki pasokan energi. 

Hal ini ditegaskan Plt Gubernur, Nova Iriansyah, saat menghadiri acara syukuran tercapainya 100 persen rasio elektrifikasi listrik desa, yang berlangsung di Kantor PLN Induk Wilayah, provinsi ujung pulau sumatera tersebut.

Nova menerangkan, target penyaluran listrik terhadap 20 ribu rumah tangga di seluruh provinsi ini, adalah merupakan pekerjaan besar yang harus dituntaskan pihaknya, sebab, hal itu termuat dalam RPJM Aceh hingga 2022.

Dengan kerjasama dan kordinasi antara Pemerintah Aceh, dan PT PLN (persero) Induk Wilayah, saat ini, rasion elektrifikasi listri di provinsi ini sudah 100 persen, ini bermakna, sudah tidak ada lagi gampong atau desa yang tidak memiliki jaringan listrik.

Nova menambahkan, dengan telah rampungnya 100 persen rasion elektifikasi yang dilakukan oleh pihak PLN, maka, tugas dan tantangan pemerintah Aceh kedepan, adalah memastikan bahwa sebanyak 20 ribu RT di provinsi ini, yang belum memiliki sambungan listrik, akan segera menikmati penerangan.

Pemerintah Aceh sendiri, sambung Nova, melalui Dinas ESDM, telah merampungkan pemasangan listrik gratis terhadap 5.884 warga miskin, dan sesuai dengan target RPJM, pada 2022, seluruh rumah tangga miskin di Aceh, akan merasakan kehadiran sambungan listrik di rumahnya.

"Ini target Pemerintah Aceh, dan kita optimis hal tersebut dapat dicapai," katanya, Kamis 24 Januari 2020.

Selain pemenuhan aspek kebutuhan listrik warga Aceh, sambung Nova, Pemerintah Aceh bersama pihak PLN, terus kordinasi dan kerjasama, untuk memastikan pembangunan sumber energi listrik baru, dan terbarukan. Hal ini dilakukan, guna memastikan pasokan energi tidak menjadi kendala dan hambatan bagi tumbuh kembangnya investasi skala besar.

Ketersediaan energi, adalah prasyarat penting bagi investasi, sambung Nova. dan untuk itu, pemerintah Aceh, mengharapkan dukungan dan peran serta masyarakat, untuk mendukung seluruh kegiatan pembangunan sumber energi, yang saat ini tengah gencar dilakukan pemerintah.

"Beberapa sumber energi sedang kita bangun, dan hal ini butuh dukungan dan partisipasi masyarakat," harap Nova. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru