Plt Gubernur Aceh Resmikan Pelayaran Perdana Express Inovasi dan Pelayanan Pusat Kendali Bus Trans Koetaradja

author photoRedaksi
24 Des 2019 - 13:27 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT mengatakan, peresmian pelayaran perdana Express inovasi dan sektor angkutan jalan darat yakni, pelayanan bus Trans Kutaraja untuk wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. 

"Sebanyak 12 unit bus baru dengan adanya sistem kendaliteknologi terkini, tentunya dengan kehadiran bus ini juga dilengkapi pula ruang pusat kendali Trans Kutaraja sehingga kinerja bus akan dapat terua terpantau setiap saat," ungkapnya.

Disampaikannya saat disela-sela berlangsung Peresmian Pusat Kendali Bus Trans Kutaraja di Banda Aceh, Selasa (24 Desember 2019) pagi.

Nova juga menyampaikan, pemanfaatan teknologi ini merupakan upaya kita untukmemberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dengan demikian, keluhan terhadap sistem transportasidi wilayah ini dapat ditangani dengan cepat, sehinggapara pengguna jasa merasa aman dan nyaman.

Namun, selama empat tahun terakhir ini, Trans Kutaraja telah berkembang menjadi transportasi umum yang dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan konektifitas antara Kota Banda Aceh dan sebagian wilayah Aceh Besar.

Nova berharap, kehadiranteknologi ini kedepannya dapat berjalan sebaik mungkin sebagaimana komitmen Pemerintah Aceh dalammenerapkan teknologi informasi dalam setiap pelayanan publik, termasuk alat transportasi umum pun akan kita sesuaikan dengan kemajuan era revolusi industri 4.0 dengan berbagai perangkat modern yang dirancang atas kerjasama Pemerintah Aceh, Unsyiah dan lembaga riset nasional lainnya akan lebih teratur, tepat waktu, efektif dan efisien.

"Survei kepuasan konsumen secara berkala sebagai bahan evaluasi bagi seluruh tim, kita dapat meyakini kehadiran teknologi ini tidak hanya mendukung sistem kerja transportasi daerah, tapi juga dapat meningkatkan kepuasan para pengguna jasa", ujarnya.

Nova menghimbau, seluruh masyarakat Banda Acehdan Aceh Besar agar dapat memanfaatkan fasilitas angkutan bus ini dengan mengurangi penggunaan angkutan pribadinya serta dapat membantu kelancaranlalu lintas, mengurangi penggunan BBM, mengurangipencemaran udara, dan tentu saja akan lebih hemat.

Walikota Banda Aceh, Drs H Aminullah Usman SE Ak MM mengatakan, peresmian pusat kendali yang diresmikan ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kehadiran pusat kendali juga dapat memantau seluruh aktivitas yang ada dalam bus, saat sopir hendak melaju dengan kecepatan terlalu kencang nantinya para staf yang berada di Pusat Kendali dapat langsung dikendalikan dan terkontrol sistemnya," katanya.

Ia menyebutkan, sejak beroperasi mulai tahun 2016 hingga 2019, angkutan umum Bus Trans Koetaradja telah dinikmati selama 3 tahun lebih hingga sekarang telah banyak mengalami kemajuan yang cukup pesat dalam melayani Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. 

Aminullah berharap, kehadiran pusat kendali Bus Trans Koetaradja ini dapat terus aktif secara langsung merespon dan melayani mahasiswa serta seluruh masyarakat.

Kegiatan peresmian ini juga turut dihadiri oleh jajaran Para Asisten, Inspektur Aceh, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi ST MT, Kepala Bappeda Aceh, serta pimpinan SKPA terkait, Dirlantas Polda Aceh, Dicky Sondani SIK M Si, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar,Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat WilayahI Aceh, Pimpinan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Aceh dan undangan lainnya.(Ulan)
KOMENTAR