Gayo Lues Kembangkan 350 Hektare Tanaman Tembakau Hasil DBH-CHT

BLANGKEJEREN - Guna meningkatkan pendapatan petani, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Gayolues Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBH-CHT) tahun 2019, melakukan budidaya pengembangan tanaman tembakau.

Ada delapan kecamatan yang bakal dijadikan lahan tembakau. Kecamatan Blangkejeren,,rikit Gaib,pantan cuaca,Terangon, teripe jaya,dan  kecamatan Balong pegayon,Kuta panjang dan Blangjerango 

Kepala Dinas Pertanian (Distan) melalui Kabid perkebuna Ridwan SP menuturkan, pengembangan tanaman ini sebanyak 350 hektare yang tersebar di delapan  wilayah kecamatan

"Kami optimis lahan tembakau di kabupten Gayolues akan meningkat. Secara historis Gayolues dulu memang sudah ada komoditi tanaman tembakau ini. Ujar Ridwan kamis (5/12/2019).

"Khusus jenis tanaman tembakau yang ada di Gayaolues. Selama ini petani hanya menanam tembakau jenis tembakao lokal" ungkapnya.

Ridwan menambahkan, ke depan Distan Gayolues akan mendorong petani untuk mengembangkan tembakau jenis- Burley  Tembakau ini terkenal karena bernikotin rendah juga harga jualnya lebih tinggi. Hal ini akan lebih menguntungkan bagi para petani tembakau.

Kedepan pihak distan berencana akan bekerjasama pihak perusahan tentang pengembangan dan pemasaran tanaman komoditi tembakao.
(Kamsah Galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru