Galian Karang Inong Diduga Sebabkan Jalan Aceh Timur - Gayo Lues Amblas

author photoRedaksi
20 Des 2019 - 16:18 WIB

ACEH TIMUR - Galian saluran air yang dibuat oleh pihak perusahaan PTPN Karang Inong mengakibatkan ruas jalan aspal Aceh Timur-Gayo Lues terancam Amblas. 

Amatan dilokasi Kamis (19/12) ruas jalan aspal yang amblas di sekitar kilometer 30 desa Berandang tepat berbatasan dengan PTPN Karang Inong. 

Jalan Aspal yang baru setahun itu amblas  sekitar 10 meter karena disebabkan galian saluran penanaman sawit perusahaan plat merah itu.  Galian itu juga sangat dekat dengan badan jalan hanya berjarak sekitar 5 meter. 

Galian itu sendiri membentang  sepanjang sekitar 1000 meter.  akibatnya ada dua titik jalan aspal yang amblas. 

Sebelumnya PTPN Karang Inong langsung berbatasan dengan jalan lintas Aceh Timur - Gayo Lues.

Terpisah Manajer PTPN Karang Inong Dirwanuddin Pohan yang dikonfirmasi mengatakan galian tersebut sudah digali tahun 2010 s/d 2012, jauh sebelum proyek peningkatan mutu jalan dikerjakan.

''Galian tersebut sudah digali tahun 2010 s/d 2012, jauh sebelum proyek peningkatan mutu jalan dikerjakan, Daerah sepanjang Kebun Karang Inong yang berbatasan dengan Desa Beurandang adalah daerah rawa dengan struktur tanah yang labil sehingga pelaksanaan proyek peningkatan mutu jalan harus mempertimbangkan faktor tersebut, terutama masalah penimbunannya kalau tidak mau jalan itu amblas. (Tim)
KOMENTAR