Ners Rosdiana: Pecandu Narkoba untuk Pulih adalah Seumur Hidup

author photoRedaksi
16 Mei 2019 - 20:32 WIB

BANDA ACEH - Ners Rody menjabarkan tentang Pemulihan pecandu atau penyalahguna narkoba membutuhkan waktu yang lama. Tidak ada kata sembuh pada pecandu narkoba, yang ada adalah kata pulih. 

Demikian dikatakan Ners Rosdiana SKM, S.Kep saat menghadiri undangan narasumber pada acara talkshow live di Aceh TV  dengan tema Pulih dan Priduktif dari Kecanduan Narkoba, Rabu (15/5).

"Pulih dalam kondisi normal pada fisik, psikis, sosial dan spiritualnya. Pecandu yang  sudah pulih, namun tidak ada jaminan bahwa kecanduan itu tidak akan kambuh kembali. Perjuangan pecandu atau penyalahguna narkoba untuk pulih adalah seumur hidup," ujarnya.

Tambahnya, Pemulihan membutuhkan waktu yang amat sangat panjang, upaya yang keras, disiplin, niat dan kerjasama antara keluarga, orang-orang yang mencintainya dan pusat rehabilitasi. 

"Semua itu, merupakan kunci untuk tidak kembalinya mantan pecandu atau penyalahguna pada narkoba. Pecandu tidak cukup hanya pulih, namun harus dapat menjalankan fungsi sosialnya dan produktif kembali," imbuhnya.

Kecenderungan kambuh atau relapseselama proses pemulihan merupakan satu hal penting untuk  direspon dan ditangani dengan cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing kasus, tutupnya. (*)
KOMENTAR