Bupati Aceh Utara: Terima Kasih Atas Penghargaan Majid Ibrahim V

author photoBphat Umar
11 Apr 2019 - 15:59 WIB


Aceh Utara – Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib menerima penghargaan anugerah Prof A Majid Ibrahim V dari Pemerintah Aceh. Anugerah tersebut diberikan atas prestasi telah menyusun dokumen Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten/Kota (RKPK) terbaik se-Aceh tahun 2019.

Pemberian anugerah dilakukan langsung oleh Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah pada momen pembukaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Aceh (RKPA) tahun 2019, bertempat di aula Hotel Hermes Palace Banda Aceh, Rabu (10/4). 

Selain Pemkab Aceh Utara, sebanyak lima Pemkab dan tiga Pemko lainnya di Aceh juga mendapat anugerah tersebut. Masing-masing Pemkab Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Tengah, serta Pemko Banda Aceh, Langsa, dan Sabang.

Kepala Bappeda Aceh, Azhari Hasan, SE, MSi, mengatakan pemberian anugerah Prof A Majid Ibrahim tersebut dalam rangka pembinaan bagi Kabupaten/Kota untuk menyiapkan dokumen perencanaan pembangunan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan sebagai salah satu penentu pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan nasional dan provinsi.

Untuk itu, kata dia, Bappeda Aceh melaksanakan penilaian dan pemberian penghargaan pembangunan kepada Kabupaten/kota yang telah berhasil menyusun dokumen rencana pembangunan secara baik. Penilaian awal didasarkan pada ketersediaan dokumen RKPK tahun 2019 dan dokumen pendukung lainnya, di antaranya RPJMD tahun 2017 – 2022, yang selanjutnya dilakukan verifikasi dan penilaian oleh Tim Penilai Anugerah Prof A Majid Ibrahin V tahun 2019.

Adanya dokumen RKPK yang baik dari Kabupaten/Kota, menurut Azhari, sangat penting dan urgen sehingga dapat dilakukan sinkronisasi tentang rencana pembangunan antara Pemerintah Aceh dengan Pemkab/Pemko, juga dengan rencana pembangunan nasional. 

"Tujuan pelaksanaan kegiatan ini guna menyamakan persepsi antara Pemerintah Aceh dengan Pemerintah Kabupaten/Kota agar sinkronisasi dalam perencanaan dapat dicapai lebih awal," katanya.

Sementara Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib usai menerima anugerah tersebut mengatakan pihaknya sangat bersyukur dan bangga atas kinerja tim penyusun RKPK, sehingga Pemkab Aceh Utara bisa meraih anugerah Prof A  Majid Ibrahim tahun 2019 ini.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah bekerja keras, sehingga kita bisa mendapatkan anugerah RKPK dengan predikat terbaik. InsyaAllah ke depan akan kita usahakan supaya lebih baik lagi," ungkap Bupati yang akrab disapa Cek Mad ini. (*)
KOMENTAR