Politisi Gerindra dan BkkbN Berikan Sosialisasi Genre Ceria untuk Warga Dewantara

author photoBphat Umar
19 Mar 2019 - 18:01 WIB

ACEH UTARA - Ratusan warga yang berasal dari gampong di kecamatan Dewantara antusias mengikuti Sosialisasi Pembangunan Keluarga melalui Generasi Berencana (Genre) Ceria, di Aula Kantor Camat Dewantara, Aceh Utara, Selasa (19/3).

Warga diberikan paparan materi oleh anggota Komisi IX DPR-RI  Tgk. Khaidir Abdurahman dan juga perwakilan BkkbN Aceh, selain itu juga diberikan game pertanyaan.

Politisi Partai Gerindra Tgk.Khaidir Abdurahman meminta, persiapan  harus matang sebelum menuju  perkawinan. Sebelum sampai pada pernikahan,  kebebasan kedua pihak harus dibatasi. "Inilah yang namanya persiapan dalam berkeluarga," jelasnya.

Persiapan dalam berkeluarga, tambahnya, termasuk persiapan yang berhubungan dengan akhirat. Diantaranya, kedua mempelai sudah mendalami pendidikan agama sebelum menuju ke pelaminan. Selain itu persiapan kesehatan juga penting untuk diperhatikan.

Sementara Ketua Perwakilan BkkbN Aceh, Sahidal Kastri, M.Pd menyampaikam berbagai persiapan harus dipenuhi, bagi yang akan memasuki masa berkeluarga. Diantaranya, persiapan menjelang menyambut anggota baru dalam keluarga. 

Menurutnya, ketika seorang ibu sedang hamil, butuh perhatian khusus dari suaminya. Diantaranya, kebutuhan gizi yang seimbang dan perhatian agar ibu hamil tidak mengalami tekanan pikiran.

Kegiatan Sosialisasi Pembangunan Keluarga Melalui Genre Ceria, juga diisi dengan berbagai tantangan kepada peserta. Diantaranya, tantangan pengetahuan tentang kesehatan dalam keluarga. Khaidir Abdurahman, menawarkan berbagai hadiah menarik kepada peserta yang mampu menjawab sejumlah pertanyaan dalam kegiatan tersebut.

Selain tentang kesehatan, dia juga menyampaikan beberapa pertanyaan yang  berhubungan dengan agama. Peserta sosialisasi juga ditantang  mempraktikkan, cara tradisional dalam menangani bayi ketika tidur. Seperti, lantunan shalawat yang pernah diajari turun-temurun ketika menidurkan bayi dalam ayunan. (*)
KOMENTAR