Kampus Diklat Segera Dibangun, Sekda Abdul Aziz Minta ASN Ciptakan Inovasi di Lingkungan Kerja

author photoBphat Umar
6 Mar 2019 - 15:32 WIB

ACEH UTARA – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Abdul Aziz, SH, MM, MH, meminta para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) menciptakan inovasi di lingkungan kerja masing-masing sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih praktis, efektif, tepat guna dan berdaya guna.

Apalagi untuk para ASN yang telah diberikan kepercayaan memegang jabatan, maka menciptakan inovasi sudah menjadi satu keharusan, apalagi setelah nantinya selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan. Demikian antara lain diungkapkan Sekda Abdul Aziz dalam sambutannya saat membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan II di lingkungan Pemkab Aceh Utara berlangsung di aula Hotel Lido Graha Lhokseumawe, Rabu, 6 Maret 2019.

Kata Abdul Aziz, peranan ASN dalam pemerintahan dan pembangunan meliputi sebagai pelayan publik, sebagai pelaksana kebijakan publik, juga sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Sedangkan tujuan dilaksanakan Diklat Pim-IV adalah supaya ASN menjadi lebih kompeten pada posisi jabatan yang atau tugas yang ditanganinya selama ini.

"Sebagai ASN harus tahu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) di Pemerintahan atau di tempat kerja masing-masing," tegas Sekda Abdul Aziz. Pelatihan-pelatihan dilaksanakan supaya setiap ASN fokus pada pelayanan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Lebih jauh, pada kesempatan itu Sekda memaparkan rencana Pemkab Aceh Utara membangun kampus Diklat di kawasan Jalan Line Pipa Gampong Blang Adoe Kecamatan Kuta Makmur. Di situ nantinya akan berdiri kampus Diklat Terpadu, baik untuk Diklat ASN maupun Diklat bagi masyarakat angkatan kerja.

Untuk Diklat bagi masyarakat diharapkan nantinya bisa menghasilkan calon-calon tenaga kerja handal dan siap pakai, misalnya dalam rangka menyambut hadirnya industri-industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun.

Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan II di lingkungan Pemkab Aceh Utara tahun 2019 turut dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Aceh Dr Mahyuzar, MSi, Asisten III Setdakab Aceh Utara Dr A Murtala, MSi, Kepala BKPSDM Aceh Utara Syarifuddin, S.Sos, MAP, sejumlah kepala SKPK dan para camat, serta para widyaswara dari Provinsi Aceh dan dari Aceh Utara. (*)
KOMENTAR