Mahasiswa KKN Unsyiah Tanam 1000 Pohon di desa Kareung Ateuh, Aceh Jaya

author photoCitizen Journalism
3 Feb 2019 - 06:04 WIB

ACEH JAYA - Mahasiswa KKN kelompok AJ 097 melakukan penanaman pohon di sepanjang jalan utama gampong Kareung Ateuh, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu (2/2/19).

Kegiatan ini digelar sebagai upaya menghijaukan gampong Mengingat kondisi disekitar gampong masih sangat gersang akibat minimnya pohon.

Kegiatan ini dilakukan agar kawasan sekitar gampong menjadi lebih indah dan tidak lagi gersang. Penanaman dilakukan oleh mahasiswa KKN dengan bantuan warga setempat.

Taufiq kurrahman selaku ketua kelompok KKN AJ 097 mengatakan, pohon yang kita tanamkan di desa kareung ateuh berjumlah sekitar 1300 batang pohon yang terdiri dari 1000 pohon glondokan tiang dan 300 pohon mangga. 

Hal ini kita lakukan karena kita melihat gampong kareung ateuh sangat gersang karena kurangnya pohon sehingga membuat iklim mikro di gampong kareung ateuh sangat panas pada siang hari.

Tidak hanya penanaman saja, kita juga mengadakan sosialisasi pupuk organik air beras, pelatihan pembuatan sabun, dan pelatihan pembuatan nugget udang sebagai salah satu produk gampong yang nantinya bisa di jual atau juga bisa dikonsumsi sendiri.

Seperti halnya tema KKN Unsyiah periode XVI tahun 2019 yaitu dengan tema "satu desa satu produk", alhamdulillah pada kesempatan kali ini kelompok kita berhasil mengeluarkan dua produk yaitu dengan mengolah udang menjadi nugget dan juga membuat sabun dengan memanfaatkan minyak jelantah, soda api (NaOH), pewarna makanan dan pewangi/parfum.

Pastinya kita juga berharap produk yang kita sosialisasikan dan kita buatkan pelatihan bisa bermanfaat bagi warga desa kareung ateuh dan bisa menambah penghasilan penduduk dari pelatihan yang kita lakukan. (Rel)
KOMENTAR