Distan Pijay Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur untuk Pengembangan Jagung

author photoKherry Leib
7 Feb 2019 - 19:45 WIB

PIDIE JAYA - Dinas Pertanian dan pangan (Distanpag) mengajak masyarakat memanfaatkan lahan tidur untuk pengembangan jagung supaya ekonomi masyarakat meningkat.

Kepala Dinas Pertanian dan pangan Pidie Jaya, Muzakkir mengatakan pemerintah terus berupaya membantu para petani dengan memberikan simulus berupa benih unggul yang berproduksi tinggi  mendatangkan para penyuluh, memberi bimbingan serta arahan supaya hasil yang didapat lebih maksimal.

Kami juga terus beroordinasi dengan Stake Holder supaya harga tetap stabil agar bisa menguntungkan para petani nantinya, ujar Kadistan, Kamis (07/02/2019).

"Untuk meningkatkan produksifitas  jagung pemerintah memberikan Simulus berupa benih unggul yang berproduksi tinggi, seperti Varietas Pioner 32, sesuai harapan petani.
Para penyuluh lapangan juga terus mengedukasi  tentang tehnik budidaya jagung  yang baik dan benar," ungkap Muzakkir.

Panen jagung empat kali setahun dalam satu hektar menghasilkan lima ton lebih untuk saat ini harga per ton Rp.20.000.000. Hal tersebut diungkapkan Rahmah saat TheatjehNet berkunjung pada lahannya di Desa Alue Kawe Baroeh Musa Bandar Baru.

"Dalam tahun ini kami sudah panen empat kali dalam satu kali panen rata - rata bisa mendapatkan Rp 20.000.000-. bibit diberikan oleh pemerintah per hektar 15 kilo, sedangkan pupuk dalam satu hektar hanya diberikan 50 kilo," ujar Rahmah.

Harapan kami semoga harga jualnya stabil penyediaan pupuk yang cukup supaya kami semakin semangat lagi membudidayakan jagung, tutupnya. (kh)
KOMENTAR