Bibit Padi IF8 Menjadi Keuntungan Besar Perekonomian Petani di Dua Kabupaten

author photoM. Sulaiman
6 Feb 2019 - 22:05 WIB

BIREUEN - Bibit unggul IF8 yang diproduksi AB2TI (Asosiasi Bank Benih Teknologi Tani Indonesia) menjadi unggulan bagi petani di Gampong Jurong Binje, Meunasah Masjid Kecamatan simpang Mamplam Bireuen dan Gampong Meunasah Rayek Kecamatan Nisam Aceh Utara.

IF8 pernah di ujicoba di persawahan petani Gampong Meunasah Rayek Kecamatan Nisam Aceh Utara pada tahun 2018 dan mencatat hasil panen yang sangat luar biasa yaitu 11.800 kg/hektar, dibanding dengan benih biasa yang ditanam petani per hektar hanya menghasilkan gabah sekitar 8000kg. 

Mirzal, SP selaku ketua penangkaran AB2TI Aceh mengatakan, untuk mencapai swasembada pangan khususnya Aceh sudah mulai nampak terasa dengan hadirnya Bibit Padi unggulan If8 produksi AB2TI yang ditanam di dua Kabupaten berbeda mendapat keuntungan besar bagi masyarakat petani sawah, dengan menghasilkan panen padi tersebut dapat meranjak perekonomian masyarakat tani, di wilayah provinsi Aceh.

Lanjut Mirzal Rabu (6/2/19), untuk kedepan diharapkan masyarakat petani sawah dalam wilayah Kabupaten Bireuen dan Aceh Utara, serta Provinsi Aceh dapat memfaatkan Bibit Padi IF8 yang mendapat penghasilan yang luarbiasa.

Dalam hal kunjungan hari ini saya ingin memastikan bahwa padi if8 yang akan diambil untuk pembibitan kedepan ini aman dari segala jenis hama dan penyakit, Karena kedapan bibit if8 ini akan menjadi motor pengerak untuk perekonomian masyarakat petani Bireuen dan Aceh Utara, yang di fasilitasi oleh dana desa secara hibah, karena if8 ini sudah menjadi produk unggulan di Aceh Utara, Gampong meunasah rayek kecamatan nisam).

Tugas saya memastikan agar pengambilan benih ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya, karena ini menyangkut kredibilitas lembaga AB2TI yang bekerja sama langsung dengan PT Bumades akan menjadi holding untuk setiap Bumdes yang ada di Aceh kedepan, terang Mirzal.(MS)
KOMENTAR