Aneka Lomba Kuliner Tradisional Perdana Digelar DPC Ikaboga Bireuen

author photoM. Sulaiman
25 Feb 2019 - 06:38 WIB

BIREUEN –  Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Ahli Boga Indonesia Kabupaten (Ikaboga) Bireuen. Menggelar acara aneka Lomba Kuliner Tradisional, disertai dengan event bazar yang di meriahkan oleh Grup Kampung dongeng, turut dihadiri seribuan masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung di alun alun tegu kota Bireuen pada minggu (24/02/2019) pagi.

Seribuan Masyarakat disekitar kawasan kota Bireuen ikut meramaikan event bazar Aneka Lomba kuliner tradisional perdana yang digelar DPC Ikaboga Kabupaten Bireuen. Tersebut turut dimeriahkan grup kampung dongen, 

Dalam kolaborasi perdana bazar kuliner tradisional dan aneka perlombaan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi industri industri tingkat menengah kebawah khususnya bagi masyarakat kaum perempuan yang ada dalam Kabupaten Bireuen kedepan.

Mutia Cetering meurupakan Ketua DPC Ikatan Ahli Boga Indonesia Kabupaten Bireuen, turut didampingi Rita Susanti selaku ketua panitia pelaksana kegiatan dan Cut Fitriah Harun selaku Bendahara, serta para pengurus lainnya. Menyebutkan kepada Media Ini. Hadirnya Ikaboga bertujuan diadakan event ini, selain meningkatkan ekononi masyarakat khususnya kaum perempuan di Bireuen dan Aceh umumnya, juga untuk melestarikan kuliner tradisional,  Asesoris dan fasion, kerajinan tangan buatan sendiri bagi ibuk ibuk di Bireuen sebut Mutia Cetering itu.

Selain itu Juga kita ingin memperkenalkan kembali berbagai aneka makanan khas kuliner tradisional yang sudah semangkin langka, seperti bubur jenang, bolu komojo, uengkot keumamah serta aneka ragam masakan dan kue khas Aceh, serta berbagai kostum pakayaan hasil karya Masyarakat Bireuen dan Aceh sendiri.

"Event perdana ini digelar sejak terbentuknya Dewan Pengurus Cabang. Ikatan Ahli Boga Indinesia Kabupaten Bireuen." terang Mutia.

Selain itu juga dikatan, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, Rita Susanti menyebutkan dan merincikan,  Lomba Kuliner bazar perdana tersebut diikuti 37 stand yang menyajikan berbagai produk home industri.

Selain Peserta dari anggota ikaboga Bireuen juga turut dimeriahkan peserta dari sejumlah Kabupaten kota, yakni Lhokseumawe, Panton Labu Aceh Utara, Ule Gle Pidie Jaya, jeunieb, matang Glumpang Dua dan peserta dari kota Bireuen, serta dari masyarakat pada umumnya.

Selain bazar, Rita Susanti juga menyebutkan acara tersebut dirangkai dengan lomba mewarnai untuk murid PAUD/ TK dan murid SD/MI kelas 1 dan 2. Disertai dengan penyerahan santunan untuk sejumlah anak yatim dalam kawasan Bireuen.

Kemudian lomba menghitung cepat tingkat SD/MI, kelas 3 dan 4, 5, 6 dan fotography kuliner tradisional Aceh untuk umum, tutup Rita Susanti. (MS)
KOMENTAR