Rakor Tim Desk Pemilu Dalam Rangka Menyongsong Pemilu Damai 2019

author photoRedaksi
22 Jan 2019 - 12:58 WIB

BLANGKEJEREN - Kegiatan Rapat koordinasi (Rakor) tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) dalam rangka optimalisai dan pemantauan penyelenggaran Pemilihan umum Anggota legislatif dan pilpres  pada tanggal, 17 April  2019 mendatang dalam rangka pemilu damai tahun 2019 di kabupaten Gayolues bertempat Ruang ouffroum setdakab Kantor Bupati selasa 22/01/2019 

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Desk pemilu H Thalib sos MAP dan sekretaris desk pemilu Ardansyah Spd MAP dihadiri Forkompinda Ketua KIP dan anggota serta panwaslu dan seluruh camat Danramil , kaplosek se- Gayolues

Pada kesempatan ini Sekda kaupaten Gayolues H Thalib SoS MAP sekaligus selaku Ketua Tim Desk Pemilu 2019 menyampaikan yang berkaitan dengan tugas untuk yang terlibat dalam anggota Tim Desk Pemilu tersebut, yaitu seperti memonitor dalam kegiatan Pemilu nanti, hal ini disampaikan dalam penyampaiannya.

"SK Tugas Tim Desk Pemilu perlu juga kami sampaikan bahwa pada kesempatan ini belum bisa dibagikan SK tugasnya, karena masih dalam proses penandatanganan. Adapun tugas Tim Desk Pemilu 2019 ini adalah untuk memantau atau memonitor dalam pelaksanaan Pemilu mendatang. Secara fungsional sebenarnya sudah melaksanakan, seperti dari tim sekretariat yang menangani hal-hal yang bersifat administrasi.  

Perlu kami sampaikan bahwa dalam Tim Desk Pemilu ini memang tidak ditunjuk kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, yang ditunjuk hanya SKPD yang berkaitan erat dengan Pemilu nanti  Jadi tidak semua SKPD masuk dalam Tim Desk tersebut.  Akan tetapi  pada hari menjelang Pemilu nanti kita akan buatkan surat tugas berupa kegiatan pemantauan, yang mana itu dilakukan oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk melakukan pemantauan pada hari pemilihan nanti. 

Untuk itu maka perlu peran para Camat Polsek dan koramil kita dudukkan sebagai anggota Tim Desk karena untuk membantu memantau kegiatan Pemilu nanti ditingkat Kecamatan. Terkait dengan tugas Tim Desk Pemilu secara keseluruhan bahwa kita ini untuk memantau dalam kegiatan Pemilu mendatang berupa dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil akhir atau laporan.

Juga pada kesempatan ini kami sampaikan bahwa peran camat selaku ASN tingkat kecamatan sangatlah penting untuk membantu dalam memantau dan memastikan kegiatan Pemilu mendatang berjalan dengan baik dan sukses. 

Camat mungkin bisa berkoordinasi dengan forkompimcam terhadap pengamanan-pengamanan dalam segi logistik dalam Pilkada nanti,  maka dari itu peran para camat sangat dibutuhkan.

Selaku Ketua Tim Desk Pemilu "Perlu kami sampaikan bahwa kita ini tergabung dalam Tim Desk Pemilu yang bersifat berkoordinasi dan memantau dalam semua kegiatan Pemilu mendatang. Dan kita sudah diberikan tanggungjawab berupa SK tugas dari Bupati, yang mana kita wajib memonitor selama kegiatan pemilu," jelasnya. ( kamsah galus)
KOMENTAR