Distan Gayo Lues Kembangkan Lahan Sere Wangi dan Kopi

GAYO LUES - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Gayo Lues zakaria, S.hut, MP akan berupaya memberikan bantuan kepada para petani sere wangi kopi, termasuk komoditi lain yang sesuai tupoksi Dinas Pertanian, hal itu katakan kadistan kepada media di ruang kerjanya, Jumat (16/11/2018).

Zakaria Shut MP menjelaskan tahun 2019 mendatang Dinas pertanian  akan memperluas lahan pertanian kusus untuk tananam sere wangi, dan kopi.

"Kami sudah wacanakan dengan kepala Daerah yaitu Bupati dan Wakil Bupati untuk pengembangan lahan sere Wangi seluas 500 hektar adan kopi 2.500, yang berlokasi diseluruh kabupaten Gayo Lues" 

Bukan hanya itu, Distan juga sudah memprogramkan sekat bakar, bentuk dari sekat bakar ini, kita akan menggali paret dipinggir kebun lebar dua meter, kedalaman dua meter per 20 ha. Bertujuan untuk melindungi tanaman terutama dari kebakaran, hama babi, agar bila musim kemarau tiba supaya tanaman sere wangi tidak dilalap sijago merah, terangnya.

"Sekat bakar tersebut tidak hanya untuk tanaman jenis komoditi sere wangi, namun kita akan buatkan disemua jenis komoditi lainnya, seperti, tanaman Kentang, Cabai, jagung, Kol, dan lainya yang sering terganggu kebakaran maupun hama babi. Ini semua kita buatkan sekatnya" jelasnya.

Tujuanya, untuk melindungi tanaman  masyarakat, itu memang sangat jitu, pasalnya masyarakat tidak perlu lagi gundah tanaman komoditi mereka  mereka terbakar dan diganggu hama. Tentunya pendapatan perkapita masyarakat Gayo lues akan bertambah, terang zakaria. (kamsah galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru