Sekda Pijay : Jalankan Tugas Sesuai Aturan, Jauhi Pungli dan Permasalahan

PIDIE JAYA --- Sosialisasi Pembinaan Pencegahan pungli di Instansi Lembaga Pemerintah berlangsung di Aula Pendopo Bupati Pidie Jaya, Kamis 18 Oktober 2018.

Sosialisasi pembinaan dan pencegahan Pungli dibuka oleh Sekda Abdul Raman Puteh, dihadiri Wakil Kapolres Pidie AKBP Iskandar, Ketua Tim Saber Pungli Kasubdit Bantibmasdir Binmas Polda Aceh AKBP Drs. Zakaria, SKPK, Camat se Pidie Jaya.

Sekda Pidie Jaya dalam sambutannya mengajak semua pelaksana yang telah mengemban amanah untuk melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku supaya terhindar dari masalah atau hal - hal yang tidak diinginkan seperti pungli dan semacamnya.

"Setiap anggaran yang diberikan kepada SKPK memiliki fakta integritas yang harus dipertanggung jawabkan kepada pimpinannya masing - masing oleh sebab itu jalankan tugas sesuai dengan peraturan yang ada," ujar Abdul Raman.

Waka Polres Pidie AKBP Iskandar  yang juga bertindak sebagai Ketua UPP Saber Pungli menyampaikan, kegiatan sosialisasi tentang Pembinaan Instansi lembaga Pemerintahan yang berada di Pijay harus terus menerus kita laksanakan dalam rangka Reformasi Birokrasi. 

Menurut Waka Polres, Pungli  biasanya terjadi dari hal - hal  kecil hingga menjadi besar, dulu Pungli dilakukan secara bersama - sama dan tersistematis, sementara sekarang hanya dilakukan oleh oknum - oknum tertentu saja. Seperti yang terjadi di Kecamatan Ulim pijay sampai saat ini masih diproses di Polres, sebut Mantan Waka Polres Aceh Selatan yang juga putra asli Keude Parek Ulim Pidie Jaya.

Dengan kehadiran tim UPP Saber Pungli Provinsi  dapat menjadi pecerahan  kita juga berharap kepada Bhabinkamtibmas di Polsek, Polres dan Polda dapat memberantas pungli baik itu di Desa atau tempat lain.

Di kesempatan yang sama  Sekretaris Tim Pokja unit pencegahan saber Provinsi Aceh, AKBP Drs. Zakaria (Kasubdit Bintibmas Dir Bimas Polda Aceh mengatakan, Pungli adalah pengenaan biaya pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada biaya.

Pungli memang sulit untuk diberantas akan tetapi bila petugas dan aparatur punya disiplin etika, kode etik dan kepatuhan hukum  Saya yakin kita bisa memberantas pungli  di bumi pidie Jaya yang kita cintai ini, ungkap AKBP Zakaria. (kh)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru