Turnamen Layang Rebut Piala Ketua DPRK Aceh Tamiang

ACEH TAMIANG --- 250 peserta mengikuti Turnamen Layang Layang Raih Piala Ketua DPRK Aceh Tamiang yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang berlangsung di lapangan pesawahan Kampung Matang Seping Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (18/04/2018).

Lomba layang - layang ini dilaksanakan dalam rangka mengisi kegiatan dimasa setelah musim panen padi, dan kegiatan ini sebelumnya sudah menjadi kegiatan rutin tahunan di kampung matang seping.

Fadlon SHI selaku Ketua DPRK Aceh Tamiang menyampaikan, tujuan turnamen Layang layang ini adalah untuk melestarikan permainan Tradisional yang selama ini secara turun temurun di lakukan oleh para pendahulu seusai musim panen Padi, dan nantinya dapat dijadikan sebagai ajang Promosi bagi daerah Kampung Matang Seping pada khususnya. 

Selanjutnya, untuk melestarikan Turnamen olah raga layang-layang ini, beliau telah menyediakan Anggaran di APBK murni tahun 2018 untuk "Piala Turnamen Layang layang Ketua DPRK Aceh Tamiang" melalui program Aspirasinya dengan hadiah bagi pemenang I senilai Rp. 4 Jt, pemenang ke II senilai Rp. 2.5 Jt, Pemenang ke III senilai Rp. 1.5 Jt, sementara pemenang harapan I senilai Rp. 600.000, pemenang harapan II senilai Rp. 400.000, dan Rp. 500.000 bagi empat layangan unik, 

Harapannya semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan mampu melestarikan permainan Pusat Tradisional, sehingga bisa di jadikan Objek Wisata bagi daerah Kecamatan Banda Mulia, dan dapat dilaksanakan pada setiap tahunnya dengan meningkatkan hadiahnya, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar Kabupaten Aceh Tamiang, mudah mudahan pada kegiatan PKA nanti olah raga layang - layang ini dapat di perlobakan.

Camat Banda Mulia M. Farij, SSTP, MSP  menyampaikan Apresiasinya atas kegiatan Turnamen layang layang yang di adakan oleh Ketua DPRK Aceh Tamiang, Beliau juga berharap, semoga kegiatan perlombaan Layang-layang ini akan menjadi even tahunan di kecamatan Banda mulia dan jika memungkinkan menjadi even tahunan kabupaten Aceh Tamiang, dan menjadikan masyarakat lebih kreatif dalam membuat layang layang yang unik.

Jika even ini sudah menjadi besar serta terkenal maka akan menjadi sebuah pemasukan/income bagi masyarakat, sehingga bagi para penggemar Layang layang akan datang dan mencari Layang layang Unik ke banda mulia, tutupnya. 

Selain Ketua DPRK dan Kadispora Kabupaten Aceh Tamiang, turut juga hadir Kasdim 0117/Atam, Danyon 111/Raider, Camat Banda Mulya, Kapolsek, Danpos, Danramil, Datok Penghulu dan Perangkat Kampungnya, Ketua MDSK, unsur Pemuda, tokoh masyarakat, Alim ulama. (Rah)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru