Muslim Etnis Rohingya Ditempatkan di SKB Bireuen

BIREUEN ---  79 Warga muslim etnis Rohingya yang terdampar di Pantai Kuala Raja Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen kini sudah dipindahkan dan ditampung sementara ke Sanggar Kegiatan belajar (SKB) Kawasan Cot Gapu Bireuen. Para muslim Rohingya itu diangkut dengan mobil truk milik aparat keamanan untuk ketempat penampungan semetara, Jumat sore.(20/4/2018).

Untuk sementara waktu, warga etnis rohingya akan ditempatkan di lokasi tersebut sampai menunggu keputusan dan kedatangan pihak-pihak yang biasa menangani masalah pengungsi etnis rohingya tersebut.

Pada kesempatan itu Bupati Bireuen H Saifannur S. Sos bersama Sekda Ir Zulkifli Sp, Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Amrul Huda, SE, MM, M.Sc, serta sejumlah pejabat terkait Pemkab lainnya mendatangi lokasi penampungan sementara para pengungsi etnis muslim  rohingya di SKB Bireuen.

Saifannur kepada wartawan menyebutkan, Pemkab Bireuen akan membantu penanganan sementara para pengungsi tersebut. Mereka akan ditampung di tempat itu sampai pihak Imigrasi, United Nations High Commissioner for Refugees(UNHCR) dan The International Organization for Migration (IOM) datang untuk penanganan lebih lanjut.

"Kita siap membantu semampunya, terutama untuk menyediakan makanan dan kebutuhan lainnya. Jika ada masyarakat yang ingin memberikan bantuan dan menyumbang, dipersilahkan," sebut Bupati Bireuen H saifannur.

Mengenai  7 pengungsi yang menjalani perawatan dan harus diinfus karena dehidrasi atau kekurangan cairan, juga akan ditangani dengan baik oleh tim medis.

Di lokasi penampungan tersebut, tampak bantuan massa panik dari Dinas Sosial Bireuen serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen berupa matras, baju, mukena, jilbab serta air mineral siap dibagikan kepada pengungsi rohingya tersebut. (MS) 
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru