Ikatan RMB Peusangan Gelar Donor Darah Perdana, 100 Kantong Terkumpul

BIREUEN --- Ikatan Remaja Mesjid Besar Peusangan, laksanakan kegiatan Donor Darah yang dipusatkan di halaman Mesjid Besar Peusangan, Selasa 9 Mei 2017.

Kegiatan donor darah ini merupakan pertama sekali dilaksanakan sejak Ikatan Remaja Mesjid ini dibentuk 5 bulan yang lalu.
Ketua Ikatan Remaja Besar Peusangan Tgk Gunawan, S.S mengatakan "kegiatan donor darah ini merupakan salah satu program Ikatan Remaja Mesjid Besar Peusangan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang sangat membutuhkan darah,

"Kami sudah lakukan sosialisasi kepada  masyarakat melalui ceramah shubuh, spanduk,  penyampaian kepada Kepala Sekolah, Kepala Kantor/BUMN, sebut Gunawan yang juga Penyuluh di KUA kecamatan Peusangan Selatan itu.

Lanjutnya, kegiatan hari ini melibatkan Anggota Remaja Mesjid, Pengurus BKM Mesjid Besar Peusangan, Kapolsek Peusangan dan anggotanya, Kepala Bank, Kepala Sekolah, Dewan Guru, Pelajar, serta masyarakat, juga kerja sama dengan Ketua PMI Bireuen Edi Saputra dan anggotanya yang ikut mendukung kegiatan donor darah ini hingga berjalan sukses.

"Jumlah darah yang terkumpul hari ini sekitar 100 kantong. Kami akan berusaha agar kegiatan ini dapat dilakukan   rutin 3 bulan sekali," pungkas Gunawan.
Sementara informasi yang kami peroleh  dari Kepala UTD (Unit Transfusi Darah) RSUD dr.Fauziah Bireuen, Wardati, SKM, setiap bulannya UTD RSUD dr.Fauziah  membutuhkan darah sekitar 600-700 kantong perbulan, dan saat ini baru terpenuhi sekitar 60 persen, oleh karena itu kegiatan donor seperti ini sangat besar manfaatnya bagi pasien yang membutuhkan darah dan bagi pendonor itu sendiri, yaitu  dapat menjaga kesehatan jantung dan ginjal,

"Selain itu dengan donor darah bisa memperbaiki produksi darah merah, juga sebagai skreening kesehatan, menurunkan resiko stroke serta dapat menurunkan resiko kanker," tutupnya. (Rilis: Naufal Arif) [Atjeh NET] [SR]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru