MTQ Ke-36 Tingkat Kabupaten Bireuen Resmi di Buka, Peserta Lomba dari Gandapura dan Makmur Tampil Didepan

BIREUEN- Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 36 tingkat Kabupaten, diikuti 614 Peserta yang digelar Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen. Resmi dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen tahun 2023.

614 Peserta yang mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an ke 36  tingkat Kabupaten Bireuen, mereka semua berasal dari 609 Desa di 17 Kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

Amatan Media ini dilokasi Pembukaan Kegiatan MTQ ke 36 tingkat Kabupaten Bireuen, dari 614 Peserta, hannya, Peserta Lomba MTQ dari Cabang Kecamatan Gandapura, Kecamatan Makmur yang selalu Tampil beda, dan di depan, baik disegi penilaian memakai Kostum, tatacara Perkenalan dihadapan Publik sangat teruruji, baik disegi dalam berbaris tetap salalu tertip, jika kemampuan dalam Afalan AQU'RAN tentu itu tidak diragukan lagi,
Teks Foto: Peserta Lomba MTQ Cabang Kecamatan Gandapura dan Makmur.

MTQ Ke 36 Tingkat Kabupaten Bireuen, secara resmi dibuka oleh Pejabat (Pj) Bupati Bireuen. Aulia Sofyan, pH.D, yang diangkat Tema, " Bangkit dan Maju Bersama Membangun Generasi Qur'ani"

sebelum dilakukan Prosesi Pembukaan agenda dua tahunan itu, diawali terlebih dulu dengan pawai perkenalan Peserta mengikuti lomba MTQ dari Kecamatan masing-masing, lalu dilanjutkan dengan Penekanan Tombol sirine bersama bertanda MTQ Ke 36 Tingkat Kabupaten Bireuen telah Resmi di buka dan dimulai yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Eks Stadion Cot Gapu, Sabtu 17 Juni 2023 malam, 
Disampaikan dalam Laporan Ketua Umum Panitia. Ir. Ibrahim Ahmad.  M. Si, acara MTQ ke 36 tingkat Kabupaten Bireuen tahun 2023 ini, diikuti 614 Peserta Putra-Putri 

Pada 17-24 Juni 2023 ini, kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an dilaksanakan di lima lokasi yang berbeda, selain di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Eks Stadion Cot Gapu, juga di Desa Paya Lipah, Kampus IAI Almuslim Aceh, Kecamatan Peusangan, kemudian di halaman Masjid Agung Sultan Jeumpa dan di SMAN 1 Bireuen. Jelasnya.
adapun, Perlomboan MTQ ini, ada 24 golongan dari 8 Cabang MTQ yang dilombakan, diantaranya, Cabang Tilawah dan Qiraah Shab'ah, Tartir Qur'an. Sebut Ibrahim Ahmad.

"Lanjut Ibrahim Ahmad, cabang Hifzil Qur'an, Tafsir Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khattil Qur'an dan cabang Tulis Ilmiah Al-Quran (KTIQ).

"Sedangkan untuk Golongan Cacat Netra Putra dan Putri dan Hifzil Quran 30 juz putra, tidak dilombakan karena tidak ada pesertanya," Ucapnya.

Sedangkan, Dewan Hakim yang terlibat dalam MTQ ini seluruhnya berjumlah 49 orang yang berasal dari LPTQ Kabupaten Bireuen dan para professional mandiri lainnya, mereka dibagi sesuai keahliannya masing-masing.

"Keseluruhnya dewan hakim berasal dari dalam Kabupaten Bireuen, tidak didatangkan dari luar kabupaten" ungkap Ibrahim Ahmad, yang juga Ketua LPTQ Bireuen dalam Laporannya.
Tesk Foto: Penekanan Tombol Sirine Bersama Tanda MTQ Ke 36 Tingkat Kabupaten Bireuen telah Resmi di buka.

Dalam sambutan, Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, pH.D menyebutkan, Musabaqah Tilawatil Quran tidak hanya sebatas menyiarkan dan mensyiarkan agama islam, terutama dengan membaca Al-Qur'an, tapi kita harus benar-benar mengamalkan ajaran dan isinya yang ada dalam Al-Qur'an.

Aulia Sofyan selaku Pimpinan sementara di Kabupaten Bireuen, sangat mengharapkan. kegiatan MTQ ini sukses dan dapat menghasilkan para juara-juara sehingga nantinya bisa ikut berkompetisi di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

Dalam kesempatan itu, Aulia Sofyan juga mengajak setiap keluarga, bapak dan ibu untuk selalu mengajak anak-anaknya membaca Al-Qur'an dan mengajak ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah.
Menurut Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan, membaca Al-Qur'an adalah hal yang paling membanggakan yang paling dimuliakan oleh Allah dan Al-Qur'an dapat menjadi saksi nantinya serta akan memberi  kemudahan baik kita di alam kubur maupun di Yaumul Hisab nantinya.

"Aulia Sofyan mengajak semua kita, marilah kita disetiap hari membaca Al-Qur'an baik itu sebelum dan sesudah shalat maupun sebelum berangkat melakukan Aktivitas masing masing," Ajak Pj Bupati Bireuen. Aulia Sofyan.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru