Pj Bupati Aceh Utara Harap Dekranasda Kembangkan UMKM Brand Lokal

LHOKSUKON - Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, mengharapkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dapat membantu Pemerintahan Daerah dengan kegiatan-kegiatannya. Di ataranya dengan membangkitkan UMKM-UMKM di gampong-gampong dengan bermacam produk-produk yang dihasilkan. 

"Dan kita sama-sama memajukan brand-nya, menjadi brand lokal Aceh Utara," harap Azwardi.

Hal itu disampaikannya dalam arahan pada rapat pelaksanaan kegiatan dan program kerja Dekranasda Kabupaten Aceh Utara tahun 2023, berlangsung di Pendopo Bupati, Jumat, 10 Maret 2023.

Azwardi mengatakan pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh institusi pemerintah, mesti tahu dan terukur output-nya dan manfaatnya. Hal itu yang harus menjadi atensi dan perhatian pengurus Dekranasda Aceh Utara ke depan, sehingga setiap kegiatan atau program yang dilaksanakan dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat atau perajin.

"Dan kita mesti pasarkan produk kita, setiap kita mengadakan sesuatu harus ada fungsinya," harap Azwardi.

Dikatakan, kita boleh mengikuti kegiatan apa saja, baik pameran, Rakerda, maupun apa saja. "Tetapi setelah pulang dari kegiatan tersebut, kita majukan Dekranas kita, apa saja yang layak kita majukan kerajinan di Aceh Utara."

Rapat membahas kegiatan dan program kerja Dekranasda Aceh Utara turut dihadiri oleh Pj Ketua Dekranasda Aceh Utara Nurmaziah,  SE.Ak,  MSi, Sekretaris Dekranasda Mulyani, SE, MSM, serta seluruh unsur pengurus dan pejabat terkait lainnya.

Selama ini, kata Azwardi, Dekranas kurang memperhatikan masyarakat, turun dan berbicara dari hati ke hati. Dekranas terkesan saat perlu saja membutuhkan masyarakat, pada saat selesai kegiatan tidak memperhatikan lagi kegiatan masyarakatnya.

"Saya berharap Bapak-Bapak dan Ibuk-Ibu harus membina UMKM yang ada di daerah kita agar seluruh UMKM berkembang, apalagi kerajinan kita ada yang sudah go internasional, tapi bukan di bawah binaan langsung Dekranas."
Lebih jauh Azwardi mengatakan banyak contoh di daerah lain dengan memasarkan produk UMKM-nya yang maju. Maka sudah menjadi tugas kita memajukan dan menyejahterakan masyarakat kita. 

"Saya berharap Dekranas bisa menghasilkan PAD, dan tidak lagi menerima suntikan anggaran dari Pemerintah daerah."

Terkait dengan program kerja, lanjut Azwardi, dirinya sebagai penasehat Dekranasda Aceh Utara pasti akan membantu, asalkan kegiatannya jelas, manfaatnya ada. "Saya pikir seluruh komponen di Dinas harus duduk dan satukan misi," harapnya.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru