Pj Bupati Aceh Utara Awali Safari Ramadhan di Dusun Blang Ranto Kecamatan Sawang

LHOKSUKON - Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, mengawali kegiatan safari Ramadhan 1444 H di Dusun Blang Ranto Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang, Selasa malam, 28 Maret 2023.

Dusun Blang Ranto merupakan salah satu pemukiman penduduk paling pedalaman di Kabupaten Aceh Utara, terletak dekat kaki Gunung Salak, berjarak sekitar 5 Km arah selatan dari ibukota Kecamatan Sawang.

Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, bersama rombongan tiba di Masjid Darul Jadid Dusun Blang Ranto, beberapa saat jelang jadwal berbuka puasa, disambut oleh imum Syik Masjid, tokoh-tokoh masyarakat setempat dan tokoh agama.

Turut hadir dalam rombongan di antaranya Ketua DPRK Aceh Utara Arafat Ali, SE, Anggota DPD RI Tgk Fadhil Rahmi, Lc, Anggota DPRA asal Sawang Tarmizi Panyang, Sekdakab Aceh Utara Dr A Murtala, MSi, Asisten I Dayan Albar, SSos, MAP, para Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPK, para Kabag Setdakab, para Kabid SKPK, Camat Sawang Mazinuddin, SSos, para Muspika Sawang, serta para geusyik dan tokoh masyarakat Sawang.

Safari Ramadhan ini diawali dengan acara penyerahan santunan kepada anak yatim oleh Pj Bupati, dilanjutkan shalat magrib berjamaah, shalat isya serta tarawih yang dipimpin oleh imam Tgk Ir Muhammad Hatta, MT. Terakhir dilanjutkan dengan tausiyah Ramadhan yang disampaikan oleh Tgk Zulfikar Sulaiman dari Dayah Nurul Yaqin Gampong Ulee Rubek Barat Kecamatan Seunuddon.

Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, dalam sambutannya antara lain meminta jamaah dan masyarakat untuk lebih meningkatkan ukhwah dan saling membantu dalam momen bulan Ramadhan 1444 H.

"Mari bersama kita tingkatkan silaturahmi, saling bersinergi membangun gampong. Tetaplah akur di antara semua aparatur gampong, jaga kebersamaan, lebih-lebih di dalam bulan Ramadhan ini," harap Azwardi.

Sementara Tgk Zulfikar Sulaiman dalam tausiyahnya antara lain mengajak jamaah untuk kembali merenungi makna datangnya bulan Ramadhan. Bahwa di dalam Ramadhan diturunkan kitab suci Al-Qur'an, agar kita kembali memperdalam ilmu Al-Qur'an.

Banyak generasi muda Aceh sekarang tidak lagi mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Tgk Zulfikar mengajak seluruh komponen masyarakat untuk saling mengawasi anak-anak Aceh Utara ke depan agar tidak terjebak dengan perkembangan zaman, sehingga lupa dengan mempelajari pengetahuan agama yang bersumber dari Al-Qur'an.

"Setiap orang bertanggungjawab terhadap keluarganya, istri dan anak-anaknya, agar terpelihara dari api neraka. Ini perlu mendapat atensi dan perhatian dari kita semua, agar kita semua selamat dari siksa dan azab Allah SWT nanti," tegas Tgk Zulfikar.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Azwardi turut menyerahkan bungong jaroe berupa ambal dan peralatan masjid dan diterima oleh Imum Syik Masjid Darul Jadid Dusun Blang Ranto didampingi oleh geusyik Riseh Tunong dan Camat Sawang.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru