Pangdam I/BB Sebut Ukhuwah Islamiyah Adalah Pondasi Kerukunan Umat Beragama

Parapat - Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI A. Daniel Chardin, S.E., M.Si., mengatakan, di dalam agama Islam terdapat suatu gagasan persaudaraan yang dikenal dengan Ukhuwah Islamiyah sebagai pondasi kerukunan umat beragama. Hal itu dikatakan Pangdam dalam kultum setelah sholat subuh berjamaah di Masjid Raya Taqwa, Jl. Simalungun, Parapat, Sumatera Utara, Selasa (07/03/2023).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin dampingi Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifky Nawawi, bersama tim safari subuh Arafah melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan umat muslim yang berada di Parapat.  

Lebih lanjut dikatakan Pangdam, bagi umat Islam Ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan yang didasari oleh kesamaan agamanya yaitu agama islam, konsep ini memberikan pembelajaran jika setiap umat muslim yang ada di dunia ini merupakan saudara bagi muslim lainnya tanpa memandang latar belakang baik keturunan, kebangsaan atau pertimbangan-pertimbangan lainnya.
 
"Kita bersyukur pagi ini dapat melaksanakan sholat subuh berjamaah bersama saudara kita semuslim yang ada di Parapat dan rekan - rekan safari subuh Arafah, tujuannya adalah membangun silaturahim, saling ingat mengingatkan, berkaitan dengan kebaikan pada ajaran umat Islam," ujar Pangdam.

Pangdam mengajak umat islam bersama-sama memakmurkan masjid, kemudian tugas kedua kita yaitu bagaimana masjid bisa memakmurkan jamaahnya, dari masjid yang kami kunjungi pada safari subuh, memiliki kelebihan masing-masing, sebab, ada yang memiliki badan usaha, lembaga, dengan mengelola usaha masjid, seperti contoh yang dilakukan Lembaga-lembaga Amil Zakat Nasional, memberikan modal kepada petani, lalu didampingi sampai kepada pasar pembelinya, sehingga harapannya, dengan zakat, ummat akan mandiri," tutur Pangdam I/Bukit Barisan.

Pangdam juga menghimbau kepada ummat islam untuk melakukan keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat, sebagaimana ajaran Islam. "Mari kita saling mengingatkan dan saling mendo'akan sesama muslim, dan tanamankan Ukhuwah Islamiyah sebagai pondasi kerukunan umat beragama, sehingga akan terjalin kekompakan dan kekuatan ummat Islam," tutupnya.

Kegiatan safari subuh tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pangdam I Bukit Barisan dan tim safari subuh arafah Sumut. Adapun tujuannya yaitu untuk memakmurkan Masjid.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru