Pangdam I/BB Kerahkan PRCPB Bantu Bencana Longsor di Pulau Serasan

Medan - Panglima Kodam (Pangdam) I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin mengerahkan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Korem 033/Wirapratama yakni satuan Kodim 0318/Natuna dan Yonkomposit 1/Gardapati dalam rangka membantu masyarakat terdampak bencana longsor di Desa Pangkalan, Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (6/3/2023).

Dikatakan Pangdam Mayjen TNI A Daniel Chardin, Tim PRCPB yang berkekuatan 37 orang diantaranya, sebanyak 12 personil Kodim 0318/Natuna dan 25 personil Yonkomposit 1/GP diberangkat menuju Pulau Serasan.

"Pengerahan personil bantuan kemanusiaan ini untuk mempercepat proses evakuasi dan pekerjaan tanggap darurat di lokasi bencana di Desa Pangkalan yang saat ini sedang dilakukan anggota Koramil 0318-06/Serasan bersama rombongan Bupati Natuna, tim SAR dan BPBD dengan satu unit kapal milik Pemda dan satu unit kapal SAR KN Sasikirana, sebut Pangdam.

Menurut Pangdam,  bencana longsor di Desa Pangkalan itu terjadi akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir menyebabkan lereng perbukitan longsor menimbun perkampungan penduduk hingga jalan penghubung antara Kampung Astaka ke arah Koramil 0318-06/Serasan lumpuh total tidak dapat dilalui. 

Selain itu, akibat bencana longsor terjadi, sedikitnya 20 rumah penduduk tertimbun material tanah, 50 orang diperkirakan hilang belum diketahui, sementara 11 orang telah berhasil dievakuasi dalam kondisi tidak bernyawa, serta empat orang menderita luka-luka saat kini telah mendapat perawatan di Puskesmas Serasan," terang Pangdam. 

Pangdam mengatakan, Tim PRCPB, SAR dan BPBD yang diturunkan ke lokasi bencana, difokuskan untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban yang diperkirakan masih tertimbun longsor, serta mendirikan posko darurat tempat penampungan sementara warga mengungsi.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru