Di Gayolues Dua kali Kebakaran Terjadi Dalam Sepekan

Blangkejeren - Suasana Bulan Ramadhan  di tahun kali ini, tidak membuat semua orang di wilayah Kabupaten Gayolues  berbahagia. Pasalnya, Awal Ramadhan  sudah terjadi dua kali musibah kebakaran yang melanda warga Dua kecamatan di kabupaten Gayolues 

Musibah kebakaran pertama melanda kecamatan Belang pegayon yang terjadi tanggal 25 maret 2023  skitar pukul 15 30 Wib yang menghanguskan 6 unit rumah 

Sementara itu, pada Kamis malam Jumat  (31/03/2023) dini hari sekitar 02.30 Wib musibah kebakaran kembali terjadi di wilayah Kecamatan Pining Kabupten Gayolues kebakaran menimpa perumahan masyarakat di dusun Lah kampung Pining  Kecamatan Pining Gayolues. 

Sebanyak 13 unit rumah Hangus terbakar. 1 orang Anak SMP Ikut Menjadi Korban jiwa, 9 Rusak berat. 1 Rusak Sedang dan 4 unit rusak  ringan  
 Api berhasil dipadamkan secara manual  oleh masyarakat dan Muspika sekira pukul 04.00 Wib.  Akibat kebakaran Satu Orang meninggal dunia atas nama Fitri binti Syabri ( 14) kelas 2 SMP.  Asal usul api sampai saat ini masih dalam penyidikan. 

Berikut nama nama korban kebakaran , 1 Ahmad nur am. ila, 2 mukmin , 3 selidah, 4 bakar, 5 suib, 6 matsyah aman . Sabry, 7 umar, 8 Gusty aman kansa, 9 rabusah aman  sahbudin. 
Rusak sedang, 1 esa aman  inah, Rusak ringan, 1 Irul aman aulia, 2. Nasir aman pirda, 3. Muhammaddin

Camat Pining Zulfian St menyebut kronologis kebakaran terjadi pada Jumat dinihari sekira pukul 02. 30 WIB saat masyarakat sedang terlelap tidur sebagian  menunggu waktu sahur.  Warga dikejutkan dengan  teriak kebakaran terdengar dari dusun Lah. Menyusul kobaran api yang menjulang Tinggi dengan bersama hasap Hitam Sontak warga desa Pining berhamburan keluar Rumah  saling membangunkan warga lainya..

 Muspika dan warga saling bahu membahu memadamkan api dengan alat seadanya. Tidak saja warga desa Pining warga desa lainya juga berdatangan ikut membantu memadamkan Api.  Ktrna banyaknya material kayu Api baru dapat di padamkan sekitar pukul 04.00 Wib . Tak lama api padam Damkar barulah datang,
Demikianpun sangat di syukuri api tidak menjalar menghanguskan keseluruh kampung yang rumahnya berdekatan. Kerusakan ringan merupakan salah satu cara memutuskan rambatan api ke rumah lainya sehingga harus di lakukan pembongkaran. 

Sementara meninggalnya  korban kebakaran Fitri Binti Syabri (14)  saat itu tinggal bersama neneknya . di perkirakan saat kebakaran tidur di atas lantai dua . Sehingga saat lainya menyelamatkan diri  Fitri tertinggal  nyenyak tertidur dan tidak sadarkan diri api sudah besar hingga menjadi korban kebakaran. Awalnya perkiraan Fitri sudah keluar ikut menyelamatkan diri. petugas melakukan pemadaman secara menyeluruh yang dilanjutkan dengan pendinginan.

Belum diketahui penyebab kebakaran di lokasi kejadian tersebut. Saat namun ditaksir kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

(Kamsah Galus)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru