Kecam Penggusuran PKL Mon Geudong, Senator Fachrul Razi: Segera Evaluasi Pj Walikota Lhokseumawe

JAKARTA-Penggusuran PKL (Pedagang Kaki Lima) di Jalan Pase, Desa Mon Geudong, Lhokseumawe yang dilakukan oleh Satpol PP dan WH, ini telah menjadi atensi khusus dari Senator Fachrul Razi, yang juga ketua Komite I DPD-RI 2019-2022.

Senator Komite I DPD RI sangat mengecam dan mengutuk penggusuran PKL oleh Pemkot Lhokseumawe yang dibawah kepemimpinan Pj. Walikota Dr. Drs. Imran, M.Si, MA, telah melakukan tindakan penggusuran Lapak PKL sangat arogan tanpa solusi. Selain mengecam ia segera akan mengevaluasi kinerja Pj.Walikota Lhokseumawe, dinilai telah menimbulkan kekisruhan dan keresahan masyarakat.

"Saya mengutuk tindakan Pemkot Lhokseumawe yang melakukan kekerasan, dipertontonkan secara umum. Aceh adalah daerah pasca konflik yang bila disikapi dengan cara- cara Arogan maka tidak akan mempero leh apapun kecuali perlawanan," ujar Fachrul Razi Kepada TheAtjehNet. Selasa 17 Januari 2023.

Dirinya menilai sikap yang dipertontonkan hadapan umum tersebut, sangat tidak manusiawi, harusnya langkah penertiban dibarengi dengan solusi yang disiapkan Pemkot Lhokseumawe. Selama ini menurutnya belum ada insiden apapun di Lhokseumawe terkait dengan PKL pada masa Walikota Saudi Yahya, namun menyesalkan insiden terjadi saat ini. Bahkan Fachrul Razi mengingatkan bahwa PKL itu adalah masyarakat susah, mereka mencari rezeki halal dan tidak mendapatkan bantuan sama sekali selama masa Covid-19.

"Harus dipikirkan kalau (penertiban) ini dilakukan, apakah ada melibatkan masyarakat, apakah ada lokasi lain yang lebih representatif dan apakah ada dilakukan dialog sebelumnya, sehingga terjadi kekerasan di lapangan," tegas Fachrul Razi.

"Fachrul Razi, mendapat laporan langsung melalui video call dengan masyarakat korban penggusuran."Saya susah melihat video nya dan ini sudah tidak benar lagi perlakuan terhadap masyarakat. Saya akan mengawal kasus ini sampai selesai," Senator Fachrul Razi.(Rel)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru