Pedang Tebas Leher Pedebus di HUT RI Ke-77

author photoM. Sulaiman
18 Agu 2022 - 01:24 WIB

BIREUEN- Seorang Peserta Rapa'i menebas Pedebus dengan Pedang yang telah di siapakan dalam arena Rapa'i Debus, yang digelar di Alun-alun Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Rabu 17 Agustus 2022 malam.


Kegiatan Rapa'i Debus yang di gelar malam ini, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia


Kesenian tradisional ini hampir dimiliki oleh setiap Kecamatan di Provinsi Aceh. Kesenian ini merupakan gabungan antara seni, agama dan ilmu metafisik (ilmu kebal). Kelompok kesenian ini mempunyai pemain minimal 10 atau 15 orang yang ditampilkan oleh Ketua Grup Buraq Meunari,


seseorang yang biasa disebut khalifah. Kesenian ini menggunakan alat musik yang disebut dengan rapa'i (gendang yang terbuat dari kulit kambing). Kesenian ini umumnya melagukan syair-syair dan zikir dan pujian kepada Allah Sang Pencipta dan kepada Rasulullah SAW sesuai dengan ajaran Islam.

Tesk Foto: Penampilan Pedebus di Panggung acara HUT RI Ke-77.


Kepada TheAtjehNet, dikatakan oleh Ketua Panitia Acara, Keuchiek Muhardi Mustafa. Kegiatan malam ini dilakukan untuk menyemarakkan hari kemerdeka an Republik Indonesia ke-77,


Namun pada malam ini, kita hannya menampilkan tiga (3) Grup, yaitu, Grup Rapa'i Debus Buraq Meunari dari Blang Kide Gandapura, Grup Seudati dari Lapang Barat, serta Grup Rapa'i Cunda. 

Tesk Foto: Grup Seudati Lapang Barat Gandapura.


Untuk acara selanjutnya, kami panitia acara kegiatan akan menggelar berbagai penampilan kesenian, pada Jumat malam Sabtu, malam Minggu, sebut Keuchiek Muhar.


Pada Jumat malam Sabtu, kita akan menampilkan. Grup Rapa'i Lhok Mambang, Grup Rapa'i Tanjong Masjid, Tarian Ranup Lampuan, dari TK Malahayati Gandapura, serta berbagai tarian lain yang akan ikut memeriahkan acara ini.


Disamping itu, dikatakan oleh Camat Kecamatan Gandapura Azmi S.Ag, dengan dilaksananya kegiatan ini, dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-77 tahun 2022, pada malam ini, kami atas nama Muspika kecamatan sangat mengapresiasi langkah para Keuchiek dalam Kecamatan Gandapura, yang telah dengan suka rela ikut andil untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia, dengan memeriahkan berbagai kegiatan di alun-alun Kota Gandapura ini,


Namun pada harinya Pemerintah Kecamatan Gandapura telah melaksana kan kegiatan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, Alhamdulillah acara berjalan khidmat dan lancar.

Tesk Foto: Pejabat Muspika Kecamatan Gandapura.


Sedangkan acara upacara tahun-tahun sebelumnya dipusatkan di lapangan, namun tahun ini dipusatkan di halaman kantor kecamatan setempat, Rabu, 17 Agustus 2022, pagi, dengan jumlah peserta terbatas," Ucap Camat Azmi.


Pada pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih, Camat Gandapura, Azmi S. Ag sebagai Inspektur Upacara.

Tesk Foto: Inspektur Upacara Pengibaran Bendara Merah Putih. Camat Gandapura. Azmi. S.Ag


Pantoan Media TheAtjehNet dilokasi acara rabu malam. Dampak seorang anak kecil (Bocil) ikut memeriahkan HUT RI Ke-77 yang digelar di Alun-Alun kota Gandapura.

Tesk Foto: Seorang Anak Kecil (Bocil) ikut Meriahkan Acara HUT RI Ke-77


Kepada TheAtjehNet. Ketua Grup Rapa'i Debus Buraq Menari, Suryadi, sering disapa Ucil dabus menyebutkan, bahwa kegiatan malam ini yang dilaksanakan oleh Panitia Acara HUT RI Ke-77, ini merupakan wujud komitmen kami untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.


"Namun pada malam ini, kita hannya menampilkan debus biasa saja seperti sebelumnya, Insya Allah kedepan kita akan menampilkan yang lebih dahsyat lagi di pentas seni seperti ini, supaya masyarakat luas dapat menikmati penampilan kami nantinya."Tegas Ucil Debus tersebut.(MS)
KOMENTAR